Cara Melakukan Diet Gadget Pada Anak Agar Mata Tetap Sehat

0
C CumaBerita.com, Jakarta. Diet gadget merupakan istilah untuk mengurangi pemakaian gadget atau gawai sehari-hari. Penting diketahui, gangguan mata pada anak akibat gadget semakin bertambah. Hal yang dapat terjadi antara lain kelelahan pada mata (astenopia), mata kering, dan rabun jauh (miopia). Orangtua memang tidak perlu melarang sama sekali anak-anaknya bermain gawai. Namun penggunannya tetap perlu dibatasi dan diawasi agar tidak sampai kecanduan.

Ciri-ciri anak kecanduan gawai antara lain, menggunakan smartphone maupun tablet sampai mengganggu makan dan tidur. Gelisah bila tak main gawai, akan sangat marah jika diminta orangtua mematikan gawainya. Mata lelah (astenopia) dapat terjadi karena pada saat anak menggunakan gadget, mata anak akan berakomodasi. Apabila mata berakomodasi dalam waktu yang cukup lama, otot-otot mata akan mengalami kelelahan. Kondisi mata lelah ini akan mengakibatkan gejala pusing, pandangan buram, dan pandangan ganda (double).

Mata kering terjadi karena saat menggunakan gadget refleks berkedip akan menurun. Hal ini mengakibatkan mata menjadi pedih, berair, terasa panas, dan merah. Hal ini juga akan membuat pandangan menjadi kabur. Sementara rabun jauh (myopia) terjadi karena mata melihat obyek yang dekat secara berlebihan. Hal ini menyebabkan titik fokus mata untuk melihat jauh menjadi berkurang.

Baca Juga: Harga Spesifikasi Mitsubishi XM Concept Siap Lawan Avanza di Pertengahan Tahun

Sebenarnya gawai tidak secara langsung menimbulkan rabun jauh, namun aktivitas melihat dekat yang dilakukan secara berlebihanlah yang menyebabkan terjadinya rabun jauh. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya rabun jauh, disarankan agar anak-anak dapat meningkatkan aktivitas di luar rumah agar mata bisa beristirahat, tidak berakomodasi secara terus menerus. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply