Mengenal Alergi Lebih Detail Serta Cara Tepat Melakukan 3 Pencegahan Berikut

0

Setiap orang tentu akan lebih diuntungkan jika mengenal alergi sejak dini sehingga bisa melakukan tindakan antisipasi. Alergi pada anak-anak sebenarnya bisa dicegah sejak masih di dalam kandungan sehingga memperkecil kemungkinan alergi timbul. Pencegahan ini memang baiknya dilakukan oleh ibu yang tengah mengandung, terlebih jika riwayat keluarga memang akrab dengan masalah alergi. Pencegahan memang akan membantu menghindari alergi, beberapa sukses dan beberapa lagi dalam kondisi sebaliknya.

Langkah Mencegah Alergi Pada Buah Hati

Bagi ibu yang merasa cemas anaknya memiliki alergi tentu bisa berupaya untuk melakukan pencegahan, dan kabar baiknya memang bisa dilakukan. Pencegahan yang bisa ibu usahakan antara lain:

1.    Konsumsi makanan bergizi selama hamil

Selama masa kehamilan ibu dianjurkan memenuhi kebutuhan nutrisi dengan baik, perbanyak makan sayur dan buah-buahan. Sehingga nutrisi yang diperlukan oleh tubuh terpenuhi dan mendukung tumbuh kembang janin. Pertumbuhan janin yang sempurna akan terhindar dari resiko alergi.

2. Biasakan menikmati makanan kaya protein

Selama hamil ada baiknya mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein tinggi seperti susu, seafood, daging, dan lain sebagainya. Pasalnya bayi akan mudah terkena alergi jika mengkonsumsi makanan tinggi protein. Apabila sejak di dalam kandungan ibu sudah memperkenalkan protein maka secara alami tubuh bayi lebih kebal.

Menikmati susu kehamilan juga sangat membantu sebab menawarkan asupan protein yang lebih mudah dicerna tubuh. Intinya selama hamil tidak perlu berpantang dengan makanan kaya protein untuk pencegahan alergi pada anak.

3. Berikan ASI eksklusif sampai bayi berumur 6 bulan

Usai bayi lahir pastikan memberikan ASI untuk mendukung pertumbuhannya lebih maksimal sekaligus mencegah alergi. Bayi yang diberikan ASI secara eksklusif juga lebih kecil kemungkinan memiliki alergi. Sebab kandungan di dalam ASI mendukung tumbuh kembang bayi secara optimal termasuk untuk sistem pencernaannya.

Inilah alasan mengapa di usia 6 bulan bayi baru dianjurkan diperkenalkan dengan makanan padat yang dihaluskan. Supaya pencernaannya sudah siap mencerna makanan selain ASI dan tidak mengalami alergi. Jika orangtua sudah mengenal alergi dari dokter alergi anak dengan baik maka bisa melakukan pencegahan.

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply