Meski Lezat Namun Hidangan Ini Terlarang Untuk Buka Puasa

0
M CumaBerita.com, Jakarta. Apabila merujuk pada saran kesehatan, untuk buka puasa sebaiknya pilih makanan yang ringan dan mudah diserap oleh pencernaan. Misalnya buah segar, kurma, air putih, jus buah, teh hangat manis, kue-kue, dan sejenisnya. Ada beberapa jenis makanan lezat dan digemari oleh sebagian besar orang, namun ternyata dilarang untuk hidangan berbuka puasa.

Alasannya makanan tersebut bisa membuat sistem pencernaan yang baru menjalani puasa seharian menjadi sakit. Penganan tersebut dapat segera mengembalikan tenaga dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh saat buka puasa karena kandungan kalori, vitamin, mineral dan seratnya.

Beberapa jenis makanan yang terlarang dikonsumsi untuk buka puasa adalah seperti berikut.
Makanan mengandung santan
Makanan yang kaya santan sebaiknya tak dipilih untuk buka puasa, sebab dapat membuat pencernaan mengalami masalah. Misalnya saja kare, gulai, soto babat, dan sejenisnya. Dikhawatirkan Anda akan mengalami mual dan kembung jika mengonsumsinya saat buka puasa.

Makanan pedas
Walau lezat, namun makanan pedas sebaiknya Anda jauhi saat berbuka puasa. Menjaga kesehatan tentu lebih penting ketimbang kenikmatan sesaat. Sistem pencernaan terutama dinding lambung akan lebih sensitif, dan bisa merangsang munculnya asam lambung berlebihan jika Anda konsumsi makanan pedas.

Baca Juga: Spesifikasi Harga Samsung Luncurkan Galaxy S8+ Emperor Edition

Minuman bersoda
Jauhi pula minuman lezat ini, walau sangat menggiurkan. Kandungan sodanya bisa memicu masalah pencernaan, dan menyebabkan penyakit maag. Tingginya kandungan gula bisa memicu diabetes, dan melonjaknya kadar gula darah.
Jadi berbukalah dengan makanan yang sehat dan telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW juga pihak kesehatan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply