Bikin Cepat Haus Jika Makan Sahur Pakai Hidangan Ini

0
B CumaBerita.com, Jakarta. Makan makanan asin, tentu sangat menggugah selera. Rasa gurih bikin kamu lebih bersemangat untuk menyantapnya. Seperti kentang goreng, ayam, keripik atau jajanan yang ada di pinggir jalan. Tapi sebaiknya lebih hati-hati, karena kandungan garam yang tingi bisa berbahaya untuk tubuh.

Kurangi makanan olahan dan cepat saji, karena mengonsumsinya terlalu banyak beresiko mengancam dengan berbagai penyakit. Perubahan pola makan saat puasa sejatinya menyehatkan, namun harus memilih jenis hidangan yang akan dikonsumsi saat sahur dan berbuka dengan cermat.

Alasannya, kuantitas makanan yang berkurang harus diimbangi dengan peningkatan kualitas makanan. Misalnya saat sahur ada beberapa jenis hidangan yang sebaiknya dihindari karena dapat memicu dehidrasi dan malah membuat lebih mudah haus. Sebaliknya ada pula makanan yang sebaiknya dihindari, misalnya seperti berikut ini.

Karbohidrat cepat diproses/makanan olahan
Makanan dengan karbohidrat yang cepat diproses hanya bertahan 3-4 jam saja di pencernaan. Kandungan gizinya juga rendah sehingga tak banyak manfaatnya. Misalnya hidangan dari tepung, kue kering, makanan bergula tinggi, serta jenis donat.

Makanan asin
Makanan tinggi natrium akan memicu ketidakseimbangan natrium dalam tubuh, menyerap kadar air sehingga memicu rasa haus muncul lebih cepat. Misalnya keripik, kacang asin, dan sejenisnya.

Baca Juga: Merasa Sering Pusing Saat Puasa Mungkin Ini Masalahnya

Kafein
Minuman dan makanan yang mengandung kafein dapat memicu insomnia, gelisah, serta menyebabkan Anda sering berkemih. Akibatnya bisa memicu dehidrasi dan Anda mudah haus.

Minuman alami lebih disarankan untuk menunjang kesehatan dan kebugaran saat puasa, semisal air putih, air zam zam, jus buah tanpa gula, dan infesed water. Semoga bermanfaat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply