Inilah Makanan Kaya Vitamin Penambah Berat Badan Anak

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Pemberian vitamin seringkali diketahui sebagai pemberian suplemen, hal ini tidak sepenuhnya salah, namun perlu dipahami bahwa asupan vitamin sebenarnya terdapat dalam berbagai sumber alami dengan berbagai manfaatnya. Vitamin penambah berat badan anak bisa mudah diperoleh dari mengonsumsi buah, sayur mayur dan jenis makanan lain.

Asupan vitamin sangat bermanfaat dalam mencukupi kebutuhan nutrisi anak yang mengalami berat badan di bawah berat normal. Sementara itu, suplemen vitamin sebaiknya diberikan berdasar saran dokter. Asupan makanan mengandung vitamin akan mempermudah penyerapan zat besi serta nutrisi lainnya, sehingga juga dapat berpengaruh terhadap nafsu makan anak.

Berikut ini vitamin penambah berat badan anak yang bisa diperoleh dari sumber makanan dan minuman:

Vitamin A
Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan kulit. Vitamin A sangat penting bagi bayi dan anak-anak dalam memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh. Sumber terbaik vitamin A ialah udang, telur, wortel, bayam, brokoli, lobak, ubi jalar, mangga, alpukat dan produk olahan susu.

Vitamin C
Vitamin C membantu penyerapan zat besi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Zat besi berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh, menjaga aliran darah tetap lancar dan membantu nafsu makan. Sumber vitamin C terbaik dapat ditemukan di dalam jeruk, mangga, nanas, stroberi, papaya, kiwi, tomat, brokoli, dan lada.

Vitamin D
Vitamin D dibutuhkan untuk penyerapan dan metabolisme kalsium serta untuk daya tahan tubuh, sehingga baik untuk proses tumbuh kembang anak, terutama bagi pertumbuhan tulang. Vitamin D bisa didapat secara terbatas di dalam makanan seperti keju, kuning telur, ati ayam, ikan tuna, salmon, makarel, jus jeruk, susu, kedelai, dan sereal.

Baca Juga: Ini Tandanya Orang Yang Sama Muncul Berulang Kali Dalam Mimpimu?

Pada sebagian besar anak, kurangnya berat badan biasanya disebabkan karena anak cenderung memiliki kebiasaan memilih jenis makanan, suka mengonsumsi camilan, dan nafsu makan yang rendah. Selain itu, sebagian anak juga mengalami perubahan berat badan yang cepat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply