Mengulas Tentang 3 Bentuk Aktifitas Janin yang Berkembang dalam Kandungan

0
M– Selain hasil pemeriksaan USG, proses tumbuh kembang pada janin juga bisa dirasakan dan diketahui langsung oleh ibu hamil itu sendiri. Selama masa kehamilan dijamin ibu dibuat bahagia setiap saat karena merasakan pertumbuhan si kecil di dalam kandungan setiap detiknya. Selama hamil ibu dianjurkan menikmati makanan kaya nutrisi dan aktif bergerak namun dengan olahraga yang sederhana agar janin maupun ibu hamil tetap sehat. Selama hamil ini ibu bisa merasakan langsung bagaimana janin berkembang.

Bentuk Aktifitas Janin dalam Kandungan

Pasalnya seiring bertambahnya usia kandungan maka perkembangan janin pun akan terus berkembang. Berikut adalah ragam aktifitas janin selama di dalam kandungan:

1. Terus bergerak,

Meski berada di dalam perut ibu yang terbilang kecil jika melihat ukuran bayi pada umumnya, namun janin akan aktif bergerak. Ini bisa dilihat dari posisi janin yang berubah-ubah sewaktu pemeriksaan USG dan ibu bisa merasakannya langsung. Kadang kala ibu musti berhenti bergerak sebentar ketika merasakan si kecil berusaha mengubah posisinya di dalam kandungan. Awal-awal terasa kaget dan perlahan akan terbiasa dan santai.

2. Bisa mendengar,

Semua ibu hamil dijamin akan mencoba mendengarkan musik klasik dan beralunan lembut kepada janin dalam perutnya. Kegiatan ini tentu bukan tanpa alasan, karena perlu ibu ketahui tumbuh kembang pada janin juga mempengaruhi indra pendengarannya. Musik klasik bisa membantu si kecil lebih rileks sehingga tidak mudah gelisah dan terlalu banyak bergerak. Kondisi ini memungkinkan ibu hamil tetap beraktivitas seperti biasanya, sehingga bisa tetap mengerjakan rutinitas dengan nyaman.

3. Bisa merasakan sentuhan,

Biasanya ibu hamil akan sering mengusap perutnya dan bayi dalam kandungan ternyata menyadari adanya sentuhan tersebut. Maka ketika usia kandungan sudah menginjak 7 bulan disarankan mengurangi intensitas sentuhan pada perut. Sebab bisa memicu kontraksi palsu yang membuat ibu hamil mudah panik dan resiko bayi terlahir prematur lebih besar. Diusap boleh namun tidak terlalu sering karena sewaktu perut disentuh janin merasakannya dan akan menunjukan reaksinya dengan bergerak lebih aktif.

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply