Penyakit Al Ghazali Diduga Stevens Johnson Syndrome, Apa Itu?

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Sindrom Stevens-Johnson adalah kelainan serius dan langka pada kulit, membran mukosa, sekitar alat kelamin, dan mata. Membran mukosa adalah lapisan lunak dari jaringan yang melapisi sistem pencernaan dari mulut hingga ke anus, serta saluran organ reproduksi dan bola mata.

Sindrom ini umumnya muncul akibat reaksi tubuh terhadap obat atau infeksi. Orang yang terkena sindrom Stevens-Johnson biasanya membutuhkan penanganan medis segera, serta harus menjalani rawat inap di rumah sakit. Al Ghazali, putra sulung Ahmad Dhani dikabarkan pingsan saat berkendara di kawasan Condet, Jakarta Selatan. Dhani khawatir sang anak mengidap Stevens Johnson Syndrome. Pada anak-anak, sindrom ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus walaupun pada sedikit kasus bisa disebabkan infeksi bakteri.

Gejala Sindrom Stevens-Johnson
Gejala yang muncul pada sindrom ini awalnya menyerupai gejala flu yaitu ,kelelahan, batuk, mata terasa panas, radang mulut dan tenggorokan, demam.
Namun setelah beberapa hari akan muncul gejala lanjutan berupa bentol-bentol berisi cairan. Ruam kulit berwarna kemerahan atau keunguan, yang menyebar dalam waktu beberapa jam atau hari.

Penyebab Sindrom Stevens-Johnson
Obat atau infeksi bisa memicu munculnya sindrom Stevens-Johnson.

Beberapa obat-obatan yang berisiko memicu sindrom Stevens-Johnson adalah:
Obat asam urat.
Pereda rasa sakit.
Obat antibiotik.
Obat kejang-kejang.
Terapi radiasi.

Pengobatan Sindrom Stevens-Johnson

Pada banyak kasus, penderita sindrom Stevens-Johnson harus dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif. Jika penderita sedang menjalani pengobatan, maka umumnya langkah pertama dokter adalah menghentikan pengobatan tersebut. Stevens Johnson Syndrome disebut merupakan kedaruratan medis yang membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Fokus penangannya adalah menghilangkan penyebab, mengontrol gejala, dan mengurangi komplikasi saat terjadi pergantian kulit. Beberapa jenis obat yang bisa memicu Stevens Johnson Syndrome antara lain anti-asam urat, seperti allopurinol.

Baca Juga: Rencana Sony Akan Umumkan Rilis PlayStation Classic

Obat-obatan antikejang dan antipsikosis juga bisa bisa meningkatkan risiko, demikian juga dengan pereda nyeri seperti asetaminofen dan ibuprofen. Ahmad Dhani, kepada wartawan menyebut Al mengalami alergi obat. Al dalam kondisi tidak sehat saat memaksakan diri membawa mobil, lalu pingsan dalam perjalanan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply