Telur Bisa Sebabkan Kebutaan? Ini Penjelasan Dokter

0
T CumaBerita.com, Jakarta. Momen ulang tahun yang seharusnya dirayakan dengan suka cita malah berujung duka. Orang tua mana yang tidak sedih mendapati kenyataan seperti itu. Beberapa waktu lalu viral kisah seorang remaja mengalami kebutaan setelah dilempar telur oleh teman-temannya. Sialnya, diperkirakan ada telur busuk yang mengenai matanya.

Mendengar cerita tersebut, banyak yang kemudian bertanya apakah benar lemparan telur bisa menyebabkan mata buta? Menjawab rasa penasaran tersebut, dr.Boy Abidin, Sp.OG mencoba mengulasnya dalam tayangan Dr. Oz Indonesia. Menurut dokter spesialis mata, dr. Andi Akhmad Faisal, Sp.M, harus mengetahui dulu mekanisme korban menjadi buta. Terutama mengenai faktor trauma yang dialaminya. “Trauma pelemparannya apakah keras? Kemudian dilihat juga apakah jarak pelemparannya dekat atau tidak. Kalau bagian depannya ini tidak ada masalah.

Kemungkinan besar kebutaan disebabkan oleh kerusakan saraf,” ungkap Andi. Faktor lainnya bisa juga disebabkan serpihan cangkang telur yang melukai bagian dalam mata, Bun. Menurut Andi, mungkin secara tidak disadari ada pecahan cangkang yang kecil dan tajam menggores bagian mata paling depan. Hingga menyebabkan kuman masuk.

Kemungkinan kedua, bisa saja saat dilempar cangkang yang berukuran kecil dan tajam bisa mengiris kornea yang terletak bagian depan. Dijelaskan Andi, bila bagian mata paling depan tergores, akan timbul luka dan bisa menyebabkan kuman masuk. “Kebutaan ada tahapan sebelumnya, kasusnya pelemparan telur busuk terkena mata bagian depan yang kita sebut dengan kornea mata.

Tidak ada pembuluh darah di sini dan akan sangat sensitif, kalau terjadi infeksi. Dalam hitungan enggak sampai sehari, sangat cepat harus segara dibawa ke dokter mata agar tak terjadi kebutaan,” imbuhnya. Sebagai upaya mencegah kebutaan, Andi menyarankan untuk segera membersihkan mata.

Baca Juga: Pose Kaki ‘Injak’ Bendera Arab, Bella Hadid Minta Maaf

Paling mudah dengan mengucurkan air mineral ke arah mata agar kotoran bisa dikeluarkan dengan segara. Ingat ya, Bun, airnya dialirkan, bukan dengan cara menempelkan kapas basah pada mata. “Langkah pertama harus dilakukan pembersihan terlebih dahulu dengan air bersih atau air mineral, agar materi yang ada di mata kita bersih,” ujar Andi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply