Ini Manfaat Kunyit dan Temulawak untuk Kulit, Tips Jokowi Rajin Minum Jamu

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Manfaat temulawak untuk kesehatan memang sudah dikenal di Indonesia sejak ratusan tahun yang lalu. Oleh karena itu tidak heran kalau temulawak sering dimanfaatkan dalam pengobatan herbal. Temulawak setidaknya dipakai untuk lebih dari 900 produk obat tradisional yang terdaftar.

Hal ini membuat temulawak jadi salah satu tanaman herbal atau tanaman obat unggulan dari Indonesia. Resep tradisional ini sudah turun temurun diterapkan para perempuan khususnya di Indonesia, dan khasiat dari jamu kunyit asam memang benar adanya. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku rajin minum jamu campuran kunyit, jahe dan temulawak agar tubuhnya tetap sehat. Selain baik untuk kesehatan, tiga bahan tersebut ternyata juga bisa bermanfaat bagi kulit. Apa saja khasiat kunyit, jamu dan temulawak untuk merawat kulit dan kecantikan?

1. Menyuburkan Rambut
Jahe bisa mencegah kerontokan dengan membantu menyuburkan rambut. Menurut pakar kecantikan holistik Shadoh Punnapuzha, jahe bisa menstimulasi folikel rambut, menutrisi batang rambut sekaligus mencegah kerontokan.

2. Melawan Tanda Penuaan
Jahe kaya akan antioksidan yang bisa meningkatkan produksi kolagen, mengurangi kerusakan dan peradangan pada kulit. Selain itu jahe juga dipercaya bisa mengurangi hiperpigmentasi yang membuat warna kulit tidak rata.

3. Menghilangkan Ketombe
Jahe memiliki kandungan antiperadangan dan antiseptik yang bisa menyingkirkan jamur penyebab ketombe. Campurkan 3 sendik makan jahe parut bersama 4 sendok makan minyak jojoba, dan pijatkan ke seluruh kulit kepala.

4. Mencerahkan Kulit
Kalau ingin kulit tampakn cerah berkilau sehat, maka kamu bisa coba memakai masker kunyit. Wanita-wanita India biasanya akan memakai pasta kunyit sebagai masker beberapa hari sebelum menikah agar terlihat glowing saat menjadi pengantin nanti.

5. Menyamarkan Lingkaran Gelap Bawah Mata
Kunyit bisa membantu menyamarkan lingkaran gelap di bawah mata yang bisa membuat wajah terlihat lelah. Dijelaskan pakar kecantikan Courtney Chiusano, kunyit memiliki agen pencerah kulit.

6. Mengatasi Jerawat
Berkat kandungan antiseptik, kunyit juga efektif mengatasi jerawat dan mencegah bakteri penyebab jerawat menyebar ke area lain. Selain itu kunyit juga antieoradangan sehingga bisa meredakan kemerahan dan bengkak pada jerawat.

Baca Juga: Memang Bau Vagina Normal Seperti Apa Sih? Ramai Soal ‘Ikan Asin’

7. Mengatasi Kulit Berminyak
Sifat astringent pada temulawak tak hanya bisa merawat kulit berjerawat, tapi juga mengatasi kulit berminyak. Gunakan parutan temulawak sebagai masker wajah setiap satu minggu sekali agar minyak pada wajah lebih terkontrol. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply