Alasan Kanker Otak Bisa Kambuh, Mendiang Agung Hercules

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Agung Hercules akhirnya menghembuskan nafas terakhir usai berjuang melawan penyakit kanker otak glioblastoma stadium empat. Anak sulung Agung Hercules menyebut sang ayah sempat dinyatakan sembuh, namun ternyata kambuh kembali.

Beberapa waktu lalu sahabat Agung juga menyebut ia sudah menjalani tiga kali operasi pengangkatan tumor sebelum akhirnya kambuh kembali. Tumor keempatlah yang merenggut nyawa pria pemilik nama asli Agung Santoso tersebut. Seseorang disebut berada dalam status remisi atau bebas kanker usai operasi pengangkatan kanker. Meski dalam kondisi tersebut, bisa saja seseorang mengalami kekambuhan akibat masih adanya beberapa sel kanker ‘bandel’ yang tertinggal di dalam tubuh. Tumor kanker dapat kambuh dan muncul kembali di lokasi yang sama atau di kelenjar getah beninig dan jaringan dekat kanker awal. Atau juga di tempat lain karena kanker ini telah menyebar atau bermetastase ke area yang lebih jauh dari lokasi awal kanker, tergantung pada tipe dan stadiumnya.

Kanker otak glioblastoma dalam hal ini diidap oleh Agung, biasanya tumbuh di salah satu sisi otak. Kanker ini bisa menyebar melalui serat saraf penyambung (corpus callosum) ke sisi otak lainnya, akan tetapi glioblastoma sangat jarang menyebar ke area di luar otak.

Belum ada pemberitahuan pasti apa penyebab dari penyakit glioblastoma. Namun, penyakit keturunan langka, seperti sindrom Turcot, Li-Fraumeni syndrome, dan neurofibromatosis telah dikaitkan dengan kejadian glioblastoma.

Baca Juga: Penyebab dan Gejala Kanker Otak yang Diidap Agung Hercules

Selain itu, setiap orang bisa terkena glioblastoma, tetapi kebanyakan kanker otak ini terjadi pada orang dewasa. Ada beberapa faktor yang berisiko mengidap penyakit gliablastoma, antara lain usia, paparan radiasi tinggi, sering terpapar vinyl klorida, dan riwayat glioma dalam keluarga. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply