Info Tanda-tanda Organ Mulai Rusak, Bisakah Jadi Acuan Periksa?

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Beberapa saat yang lalu beredar unggahan yang viral disebarkan di media sosial Facebook berisi tanda-tanda organ mulai rusak. Ada 5 organ utama tubuh yang disebut dalam unggahan yang dibagikan oleh ratusan warganet tersebut, yakni jantung, hati, ginjal, pankreas, dan paru-paru.

Tak sedikit warganet yang memberikan komentar di unggahan yang tersebar luas itu. Beberapa khawatir, menanyakan solusi, bahkan hingga melakukan self diagnosis atau diagnosis tanpa dokter. Menanggapi unggahan tersebut, dokter konsultan gastroenterologi hepatologi menyebutkan bahwa tanda-tanda itu tidak seluruhnya benar. Sebagian besar dari tanda-tanda tersebut bisa tercampur dengan diagnosis lain. Sehingga bisa dikatakan semua tanda-tanda itu tidak merujuk hanya ke satu organ saja. Lalu apakah bisa menggunakannya sebagai acuan untuk memeriksakan diri ke dokter apabila mengalaminya?

Misalnya, ada salah satu tanda yang menunjukkan jika jantung mulai rusak, maka kaki akan bengkak. Padahal kaki bengkak juga bisa jadi tanda ada masalah pada ginjal. Unggahan seperti ini dapat menjadi berita yang menyesatkan di kalangan warganet. Peran hati sangat penting bagi kesehatan kita.

Sayangnya, penderita penyakit hati terus meningkat selama bertahun-tahun, dan telah menjadi penyebab kematian paling umum kelima, dan penyebab kematian nomor dua di antara semua penyakit pencernaan di AS. Disebut sebagai organ multitasking utama, praktisi kuno percaya bahwa hati adalah salah satu organ utama yang perlu dirawat.

Ketika hati tidak bekerja dengan baik, distensi dan ketidaknyamanan di dalam sistem pencernaan terjadi, yang kemudian dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain. Tanpa organ hati, metabolisme kita tidak akan berfungsi dengan baik, sirkulasi pun tidak sehat, dan hormon tidak seimbang.

Baca Juga: Seserahan Cut Meyriska dari Roger Danuarta, Mewah!

Kerusakan hati dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya keturunan, paparan racun yang berkepanjangan dan penyakit hati jangka panjang, seperti sirosis. Berikut gejala-gejala kerusakan hati yang paling umum. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply