Khasiat Air Zamzam dari Tanah Suci

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Air zamzam adalah air terbaik yang ada di bumi, pemuas dahaga, obat segala penyakit, cocok di perut, berkhasiat sesuai dengan apa yang diinginkan, penenang pikiran, penguat hati, minuman orang-orang mulia dan juga para jemaah haji dan umrah.

Air zamzam merupakan oleh-oleh khas dari Tanah Suci. Air yang pertama kalinya muncul dalam kisah Siti Hajar yang berusaha mencari makanan atau minuman untuk sang anak, Ismail AS. Siti Hajar pun berlari tujuh kali bolak-balik dari bukit Saafa ke bukit Marwah. Tidak menemukan apapun untuk dapat diminum oleh anaknya, tiba tiba saja Nabi Ismail AS menghentak hentakan kakinya lalu munculah mata air yang masih mengeluarkan airnya hingga saat ini dan diseut air zamzam yang artinya berkumpulah. Keutamaan air zamzam telah disebutkan dibanyak hadist. Berikut keutamaan manfaat air zamzam yang jarang diketahui.

Air terbaik di Bumi
Rasulullah SAW. Bersabda, “Sebaik-baiknya air di muka bumi ini ialah air zamzam.” (H.R Ahmad)

Air zamzam dapat mengampuni dosa-dosa
Rasulullah SAW. Bersabda, “Siapa yang mengelilingi Kakbah sebanyak tujuh kali (tawaf), sholat di belakang makam Ibrahim, dan meminum air zamzam niscaya akan diampuni semua dosanya,” (H.R al Wahidi).

Mewujudkan segala sesuatu sesuai niatnya
Rasulullah SAW. Bersabda, “Air zamzam itu berkhasiat sesuai dengan apa yang diniatkan” (H.R Ibnu Majah)

Mengobati segala macam penyakit
Rasulullah SAW Bersabda, “Air zamzam itu berkhasiat sesuai dengan apa yang diniatkan. Jika engkau meminumnya dengan niat meminta kesembuhan maka Allah akan menyembuhkanmu, dan jika engkau meminumnya dengan niat agar dahagamu hilang maka Allah akan menghilangkan dahagamu. Ia adalah galian jibril dan siraman Allah kepada Ismail” (H.R Ibnu Abbas dan Al Hakim)

Dapat menghilangkan kemunafikan
Beliau bersabda, “Meminum air zamzam sampai puas bisa menghilangkan kemunafikan” (HR Ibnu Abbas)

Dapat membedakan muslim dengan orang munafik
Rasulullah SAW, bersabda “Yang membedakan kita dengan orang munafik ialah bahwa mereka tidak meminum dan merasakan air zamzam sampai puas” (HR Ibnu Majah)

Terdapat banyak berkah
Rasulullah SAW, bersabda “Ia (air zamzam) mengandung banyak berkah dan bisa menghilangkan rasa lapar” (HR Ahmad)

Baca Juga: iPhone 11 Lebih Murah dari 3 iPhone X Saat Awal Dirilis

Sebagian dari ibadah
Rasulullah SAW, bersabda “Melihat air zamzam adalah ibadah, ia (air zamzam) dapat menghapus berbagai dosa dan kesalahan, dan salah satau keutamannya adalah bahwa barangsiapa yang memercikannya ke kepala tiga kali maka dia tidak akan terkena penyakit” (HR al Fakihi). (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply