Pastikan Anak Anda Cukup Kalsium

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Seringkali, anak-anak yang kekurangan asupan kalsium sejak kecil akan rentan terkena rakhitis. Untuk itu ibu hamil harusnya lebih memperhatikan pentingnya asupan kalsium selama kehamilan. Manfaat kalsium yang paling besar pada umumnya untuk pertumbuhan tulang, gigi, dan juga gusi yang sehat. Namun kalsium ternyata juga berperan dalam mendukung kinerja saraf, otot, enzim dan juga hormon.

Berapa Banyak Kalsium Yang Harusnya Dikonsumsi Anak (mg/hari)?
· Usia kurang dari 6 bulan: 200 mg
· Usia 6-12 bulan: 260 mg
· Usia 1-3 tahun: 700 mg
· Usia 4-8 tahun: 1.000 mg
· Usia 9-13 tahun: 1.300 mg
· Usia 14-18 tahun: 1.300 mg

Jika dilihat dari data di atas, maka jelas bahwa kebutuhan kalsium anak umumnya meningkat seiring bertambahnya usia. Bahkan di usia 9 tahun, mereka sudah membutuhkan asupan kalsium hingga 1300 mg. Untuk itu, makanan seperti susu atau sayuran saja tidak akan cukup memenuhi kebutuhan tersebut. Lalu bagaimana Anda bisa mendapatkan kalsium dengan jumlah yang banyak tersebut?

Sebagian orang akan memenuhi kebutuhan kalsium yang kurang dengan mengkonsumsi suplemen. Namun untuk Anda yang ingin cara alami maka bisa dimulai dengan memperhatikan makanan anak. Kebanyakan sumber kalsium bisa didapat dari produk susu, yang meliputi susu cair, keju, yogurt, es krim, smoothie, dan juga pudding. Selain itu ada juga produk non-susu seperti kacang almond.

Bagaimana Gejala Jika Anak Kekurangan Kalsium?
Tanda dan gejala umum yang seringkali terlihat jika anak kekurangan kalsium biasanya dimulai dari kram otot. Biasanya gejala kram ini terjadi di sekitar lengan dan juga paha, terutama ketika mereka bergerak. Selanjutnya, anak yang kekurangan kalsium akan sulit tidur (insomnia). Bahkan bisa juga tidur mereka tidak nyenyak atau terbangun beberapa kali di malam hari.

Jika demikian, maka banyak dari anak ini kemungkinan akan mengalami masalah pernapasan. Untuk itu Anda harus siap sedia obat hidung tersumbat yang aman untuk anak.

Baca Juga: Cegah Rambut Kering Menggunakan Perawatan Berikut!

Di lain sisi, anak yang kekurangan kalsium ternyata juga mengalami keterlambatan pertumbuhan dan juga pubertas. Pada sebagian anak perempuan, maka hal ini tentunya akan mengganggu siklus menstruasi mereka. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply