Minum Air Kelapa Untuk Netralkan Vaksin COVID-19, Ini Faktanya

0
M CumaBerita.com, Jakarta. Di saat musim kemarau saat terik panas sinar matahari menyengat, siapa yang tak suka dengan air kelapa? Terlebih ditambah es dan dinikmati pada siang hari. Bisa dikatakan air kelapa menjadi favorit banyak orang untuk melepaskan dahaga.

Beruntung sekali rasanya bisa menyukai air kelapa. Pasalnya air kelapa muda mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang tersimpan pada buah dan airnya. Manfaat dari air kelapa muda mulai dari menyegarkan tubuh dikala haus, menambah elektrolit tubuh, bahkan dapat membantu menyembuhkan penyakit. Namun ada manfaat lainnya yang bisa didapatkan saat mengonsumsi air kelapa muda, yakni bagi kesehatan tubuh. Ada beberapa manfaat air kelapa, namun benarkah minum air kelapa bisa untuk netralkan vaksin Covid-19. Beberapa saat yang lalu viral pesan di media sosial dan WAG (Whatsapp Group) tentang ajakan minum air kelapa usai divaksinasi COVID-19. Hal ini dimaksudkan untuk menetralisir vaksin yang dianggap ‘racun’ oleh sebagian besar kalangan yang menolak vaksinasi. Air kelapa sendiri telah turun temurun dianggap sebagai penetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Mengenai kegunaan air kelapa untuk menetralisir vaksin, Juru bicara program vaksinasi COVID-19 dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Lucia Rizka Andalusia, menegaskan tak ada hubungan antara kedua hal tersebut.

Hal tersebut tidak benar, karena vaksin ini bukan racun. Vaksin ini dari virus yang sudah dimatikan yang dapat merangsang pembentukan antibodi setelah disuntikkan. Lucia juga mengatakan tidak mengandung racun, sehingga tak perlu dinetralkan dengan air kelapa. Vaksin ini disuntikkan masuk ke otot lengan, sedangkan air kelapa diminum masuk ke lambung, jadi tidak ada hubungannya.

Baca Juga: CARA MERAWAT HIJAB AGAR AWET TAK MUDAH RUSAK

Selain itu, dikutip dari laman resmi Kominfo, klaim air kelapa hijau dapat menetralkan atau menjadi penawar dari vaksin juga tidak tepat, sebab tidak ada penelitian yang membuktikan air kelapa dapat menetralkan atau mengganggu fungsi dari vaksin. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply