Awas! Kenali Gejala Hipertensi yang Sering Tak Disadari

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Hipertensi adalah nama lain dari tekanan darah tinggi. Kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang parah dan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan terkadang kematian. Tekanan darah adalah kekuatan yang diberikan oleh sirkulasi darah terhadap dinding arteri tubuh, yaitu pembuluh darah utama dalam tubuh.

Tekanan ini tergantung pada resistensi pembuluh darah dan seberapa keras jantung bekerja. Semakin banyak darah yang dipompa jantung dan semakin sempit arteri, maka semakin tinggi tekanan darah. Hipertensi dapat diketahui dengan cara rajin memeriksakan tekanan darah. Untuk orang dewasa minimal memeriksakan darah setiap lima tahun sekali. Hipertensi yang tak tertangani bisa berujung pada bahaya yang fatal. Kenali sejumlah gejala hipertensi berikut. Hipertensi terjadi saat tekanan darah meningkat secara tidak sehat. Dalam jangka panjang, tekanan darah yang terus meningkat dapat menyebabkan masalah kesehatan lain seperti serangan jantung dan stroke. Tekanan darah sistolik di kisaran 130-139 mm Hg dan diastolik 80-89 mmHg masuk dalam kategori hipertensi stadium 1. Jika terus meningkat sampai melebihi 180/120 mmHg, maka memasuki kondisi darurat hipertensi. Banyak hal yang menyebabkan hipertensi. Salah satunya adalah faktor genetik yang diwariskan dari orang tua. Selain itu, faktor gaya hidup juga turut berkontribusi dalam memicu hipertensi.

Aktivitas fisik yang minim dan pola makan yang buruk dapat menyebabkan hipertensi. Kelebihan berat badan juga jadi salah satu pemicu hipertensi. Namun, sayangnya hipertensi tak mengeluarkan gejala spesifik tertentu. Gejala baru muncul saat hipertensi sudah dalam kondisi bahaya.

Berikut gejala hipertensi yang harus diwaspadai.
– sakit kepala parah
– mimisan
– kelelahan
– masalah penglihatan
– nyeri dada
– sulit bernapas
– detak jantung tak teratur
– darah dalam urine
– berdebar-debar di dada, leher, atau telinga

Beberapa gejala lain yang kerap dikaitkan dengan tekanan darah tinggi tapi tidak umum.
– pusing
– gugup
– berkeringat
– sulit tidur
– bintik darah di mata

Baca Juga: Fakta Pertamina Buka Soal Proses Warga Tuban Jadi Miliarder

Jika Anda mengalami salah satu gejala yang harus diwaspadai di atas, segera datangi dokter. Kondisi yang tak ditangani bisa berujung pada serangan jantung atau stroke. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply