Benarkah Covid-19 Jadi Endemik, Bedanya Dengan Pandemi?

0
B CumaBerita.com, Jakarta. Endemik adalah berkenaan dengan penyakit yang muncul dalam wilayah tertentu. Salah satu penyakit endemik adalah malaria di Afrika dan beberapa wilayah di Amerika Selatan. Penyakit endemik juga sering disalahartikan sebagai epidemi.

Akan tetapi, epidemi mengacu pada berjangkitnya suatu penyakit yang menyebar melalui satu atau lebih populasi. Sebaliknya, penyakit endemik adalah penyakit yang selalu muncul dalam suatu kelompok atau wilayah geografis tertentu dan bertahan di sana. Sejak teridentifikasi Desember 2019 di Wuhan, China, sampai saat ini virus corona tipe baru telah ditetapkan adalah pandemi. Namun, tak bisa dipungkiri ke depannya, mungkin pandemi corona menjadi endemik. Maksud dari endemik adalah tak akan bisa hilang dan orang yang terinfeksi akan selalu ada. Dengan melihat perkembangan dan mutasi COVID-19 saat ini, semakin yakin hal tersebut mungkin terjadi. Tak hanya itu COVID-19 sangat mungkin menjadi penyakit endemik di Indonesia. Ini karena inti dari indikator suatu penyakit akan menjadi endemik adalah angka reproduksi.

Saat suatu wilayah atau negara sulit mencapai angka tersebut di bawah satu, kemungkinan besar penyakit termasuk COVID-19 ini akan menjadi endemik. Dalam istilah epidemiologi, pandemi merupakan sebuah penyakit yang mewabah di sebagian besar dunia dalam waktu yang bersamaan. Sebelum COVID-19 merebak luas, penyakit ini dinyatakan sebagai epidemi.

Adapun beberapa penyakit lain yang sempat menjadi pandemi yaitu:
Flu Spanyol 1918
Flu Asia 1956
HIV-AIDS
Flu Babi

Baca Juga: Sosok Nadya Arifta Pacar Baru Kaesang Pangarep

Endemik
Penyakit endemik ini hanya terjadi di beberapa wilayah dalam rentang waktu tertentu. Penyakit umumnya memang akan menjadi endemik dahulu dan tidak mungkin langsung benar-benar hilang. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply