Daftar Makanan Jaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Covid-19

0
D CumaBerita.com, Jakarta. Tak bisa dipungkiri pandemi Covid-19 turut memengaruhi kesehatan mental seseorang. Aturan yang mengharuskan kita di rumah saja, membatasi interaksi langsung dengan orang, hingga kabar duka dari orang-orang terdekat membuat tekanan mental kian terasa.

Di tengah pandemi Covid-19, kesehatan mental perlu dijaga. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi baik untuk mendukung kesehatan mental. Belum lagi jika seseorang alami kesulitan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Juga perasaan cemas atau khawatir karena memikirkan risiko terkena penyakit Covid-19 setiap hari. Semua hal tersebut, tanpa disadari, bisa membuat kesehatan mental terganggu. Gejalanya antara lain rasa cemas terus-menerus, marah berlebihan, menarik diri dari kegiatan sehari-hari, mudah tersinggung, hingga perubahan suasana hati yang drastis.

Berikut daftar makanan untuk jaga kesehatan mental di tengah pandemi Covid-19.

Salmon
Kandungan asam lemak omega 3 pada salmon membuat ikan ini bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mental. Konsumsi omega 3 terbukti mampu mengurangi risiko seseorang terkena gangguan mental, salah satunya depresi.

Ayam
Makanan untuk jaga kesehatan mental selanjutnya adalah daging ayam. Selain rasanya enak, ayam mudah diolah menjadi beragam sajian. Namun supaya tetap sehat di tengah pandemi Covid-19, pilihlah bagian dada yang rendah lemak. Olah dengan cara dipanggang, jangan digoreng.

Oatmeal dan beras cokelat
Whole grain atau bijian utuh merupakan jenis bijian yang belum mengalami proses pengolahan atau penggilingan. Whole grain bisa berupa oatmeal, beras cokelat, dan quinoa. Konsumsinya baik untuk kesehatan karena tidak menyebabkan lonjakan gula darah dalam waktu singkat.

Bayam
Terkenal sebagai sayuran hijau sehat, bayam juga tergolong makanan untuk jaga kesehatan mental. Konsumsi bayam mampu mengasup otak dengan asam folat yang terbukti sebagai pencegah depresi.

Baca Juga: Bansos Tunai Mulai Disalurkan PT Pos Indonesia Hari Ini

Kacang-kacangan
Seperti halnya salmon, kacang-kacangan adalah sumber asam lemak omega 3 yang sangat baik. Konsumsinya bantu melawan depresi. Kacang mete, misalnya, membantu memberikan oksigen ke otak karena kandungan magnesiumnya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply