Makanan dan Minuman Penyebab Gula Darah Tinggi

0
M CumaBerita.com, Jakarta. Kenaikan gula darah dikaitkan dengan sejumlah gejala seperti haus, peningkatakan buang air kecil, dan kelelahan. Hati-hati dalam memilih makanan. Sejumlah makanan dapat meningkatkan gula darah dan dapat berbahaya untuk tubuh. Kenali makanan penyebab gula darah tinggi untuk mencegah munculnya masalah kesehatan. Kondisi ini dapat mengganggu peredaran darah dan meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, gangguan ginjal, hingga masalah penglihatan. Minuman dan makanan penyebab gula darah tinggi yang harus dihindari.

Berikut makanan penyebab gula darah tinggi.

Minuman berpemanis
Minuman berpemanis seperti soda, es teh manis, dan jus buah mengandung banyak gula. Selain itu, minuman ini seringkali tidak mengandung protein, lemak, dan serat. Oleh sebab itu, minuman berpemanis dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Makanan cepat saji
Berbagai makanan cepat saji tinggi akan karbohidrat sehingga dapat menyebabkan kenaikan gula darah. Karbohidrat olahan dalam makanan cepat saji mampu meningkatkan gula darah lebih cepat dibandingkan dengan karbohidrat yang lebih sehat. Selain itu, makanan cepat saji juga penuh dengan kalori dan lemak serta rendah nilai gizi. Kandungan ini berkontribusi pada kenaikan gula darah.

Susu nonhewani
Produk susu yang bukan dari hewan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Harvard Medical School menunjukkan susu oat dan rice milk misalnya, memiliki skor indeks glikemik 86 persen. Skor di atas 70, tergolong tinggi dalam meningkatkan glukosa darah.

Sumber karbohidrat olahan
Sumber karbohidrat olahan seperti roti putih dan pasta dapat meningkatkan kadar gula darah. Karbohidrat ini umumnya rendah serat sehingga berdampak negatif terhadap gula darah. Sebaiknya konsumsi karbohidrat dari biji-bijian utuh yang kaya akan serat sehingga baik untuk gula darah.

Baca Juga: Cara Mudah Membesarkan Payudara Tanpa Operasi Paling Efektif

Kafein
Dikutip dari CDC, kopi bahkan tanpa gula dapat meningkatkan kadar gula darah. Pada sebagian orang yang sensitif terhadap kafein, konsumsi kopi ataupun makanan dan minuman yang mengandung kafein dapat memicu kenaikan gula darah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply