Gejala Omicron yang Mudah Dikenali Dari Orang yang Terinfeksi

0
G CumaBerita.com, Jakarta. Varian omicron tercatat menyerang paling banyak orang dengan usia 18-39 tahun. Artinya, kelompok remaja menjadi yang paling rentan di antara kelompok lainnya. Di posisi kedua, kelompok dengan usia 40-64 tahun juga menjadi sasaran Omicron, dengan persentase sebesar 23 persen.

Sedangkan anak dengan usia di bawah 18 tahun serta lansia di atas 65 tahun hanya tercatat 9 persen yang terinfeksi. Gejala Omicron B.1.1529 disebut lebih ringan dibandingkan varian lain. Pada data laporan Pusat Pengendalian Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) tercatat sebanyak 89 persen pasien COVID-19 varian Omicron mengalami gejala batuk disertai tenggorokan gatal. Gejala omicron ini tidak jauh berbeda dengan gejala varian COVID-19 lainnya. Gejala omicron yang paling sering dialami pasien yakni batuk kering disertai tenggorokan gatal.

Sementara gejala lain yang juga cukup sering dilaporkan yaitu:
Letih (65 persen)
Hidung tersumbat (59 persen)
Demam (38 persen)
Mual (22 persen)
Napas pendek atau kesulitan bernapas (16 persen)
Diare (11 persen).

Hanya delapan persen pasien Omicron yang melaporkan gejala anosmia atau hilang indera penciuman.
Banyak kasus pertama yang dilaporkan dari infeksi varian Omicron tampak ringan, meskipun seperti semua varian, ada jeda antara infeksi dan hasil yang lebih parah. Sejauh ini, belum ada laporan kematian akibat varian ini. Mayoritas pasien mengalami gejala ringan, dengan hanya 7 persen yang mengatakan tidak bergejala. Kemenkes baru saja mengumumkan bahwa varian Omicron sudah terdeteksi di Indonesia.

Baca Juga: Awas Omicron! Varian Baru Covid yang Kini Ada di RI

Satu kasus ditemukan pada pekerja RS Wisma Atlet dan lima kasus lainnya yang masih probable. WHO menyebutkan varian Omicron atau Corona B.1.1.529 yang pertama kali ditemukan di Afrika ini memang salah satu varian COVID-19 yang mudah bermutasi sehingga bisa menular lebih cepat. Untuk menyikapi hal ini masyarakat Indonesia tetap harus waspada dan mematuhi protokol kesehatan terkhususnya dalam penggunaan masker. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply