Cara Alami Redakan Sakit Tenggorokan, Keluhan Umum Kena Omicron

0
C CumaBerita.com, Jakarta. Sakit tenggorokan adalah rasa nyeri, tidak nyaman, atau kering pada tenggorokan. Kondisi ini merupakan gejala atau keluhan yang bisa disebabkan oleh beragam gangguan atau penyakit, salah satunya adalah infeksi virus. Sakit tenggorokan biasanya akan semakin memberat saat makan dan minum.

Sakit tenggorokan paling sering disebabkan oleh infeksi virus dan infeksi bakteri. Salah satu jenis virus yang dapat menyebabkan munculnya keluhan sakit tenggorokan adalah virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19. Gejala COVID-19 Omicron kerap disebut mirip flu, salah satunya sakit tenggorokan. Keluhan sehari-hari ini bisa banget diredakan dengan cara alami. Nyeri telan biasanya menandakan adanya radang di tenggorokan. Beberapa bahan alami bisa membantu meredakan keluhan tersebut, meski tidak serta merta membunuh virusnya. Bagi yang sedang mengalaminya, cobalah lakukan sejumlah pengobatan ini untuk meredakan sakit tenggorokan di saat masa pandemi COVID-19.

Berikut Cara Alami Redakan Sakit Tenggorokan

Minum air hangat
Perbanyak minum air hangat atau konsumsi air rebusan bumbu rempah untuk meredakan batuk berdahak maupun batuk kering.

Minum madu
Mengkonsumsi satu setengah sendok teh madu setengah jam sebelum tidur di malam hari mengurangi dahak dan membantu tidur lebih nyenyak. Kamu juga bisa mencampurkan madu dengan cairan lemon untuk mengendurkan tenggorokan.

Teh dan Jahe
Minumlah teh jahe saat mengalami batuk berdahak. Selain itu minum teh hangat juga bisa membantu meredakan hidung tersumbat atau pilek.

Hindari pemicu sakit tenggorokan
Jika mengalami nyeri di tenggorokan sebaiknya untuk menghindari makanan maupun minuman yang bisa memperburuk sakit tenggorokan. Beberapa minuman yang bisa dihentikan untuk sementara, yaitu makanan dan minuman tinggi gula, cokelat, soda, kopi, teh, dan minuman berenergi.

Konsumsi makanan bergizi
Mengkonsumsi makanan bergizi tentunya sudah menjadi keharusan bagi setiap orang, terkhususnya pada masa pandemi virus COVID-19 ini. Dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur, buah, dan karbohidrat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan menjaga asupan bergizi, pemulihan dari penyakit pun akan lebih efektif.

Baca Juga: Awas! Jangan Pernah Semprot Masker Pakai Hand Sanitizer

Istirahat
Banyak istirahat merupakan salah satu cara mempercepat recovery ketika sedang sakit, begitu pula jika terinfeksi COVID-19 Omicron. Selain dapat memudahkan dalam pemulihan penyakit, dengan beristirahat dapat mengumpulkan banyak energi untuk melawan penyakit ataupun virus. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply