Bahaya Efek Samping Zat Sianida Senyawa Korosif Beracun

0
B CumaBerita.com, Jakarta. Asam Sianida merupakan senyawa yang sangat beracun. Bahkan ada pada salah satu makanan yang sering kita makan yakni singkong yang mengalami kerusakan. Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat racun bagi manusia. Asam Sianida juga ada pada buah keluwek.

Orang Sunda menyebutnya picung atau pucung. Biji keluwek dipakai sebagai bumbu dapur masakan Indonesia yang memberi warna hitam pada rawon, daging bumbu kluwek, brongkos, serta sup konro. Bijinya yang memiliki salut biji yang bisa dimakan. Bila mentah sangat beracun karena mengandung asam sianida dalam konsentrasi tinggi. Bila dimakan dalam jumlah tertentu menyebabkan pusing bahkan mabuk.

Racun pada biji ini dapat dipakai sebagai racun untuk mata panah. Biji ini aman diolah untuk makanan bila telah direbus dan direndam terlebih dahulu. Potensi efek kesehatan akut karena sangat berbahaya jika kontak dengan kulit (iritasi), kontak dengan mata (iritasi), terkonsumsi, dari inhalasi. Berbahaya di kasus kontak dengan kulit (permeator).

Baca Juga: Foto Profil Presiden Kroasia Kolinda Grabar-Kitarovic Pakai Bikini di Pantai

Korosif pada mata dan kulit dan jumlah kerusakan jaringan tergantung pada panjang kontak. Kontak mata dapat mengakibatkan kerusakan atau kebutaan kornea. Kontak kulit dapat menghasilkan peradangan dan blistering. Menghirup debu akan menghasilkan iritasi gastro intestinal atau saluran pernapasan, yang ditandai dengan bersin dan batuk. Parah over eksposur dapat menghasilkan kerusakan paru-paru, tersedak, pingsan atau kematian. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply