Bahaya Kandungan Ikan Buntal Mengandung Racun Dalam Makanan

0
B CumaBerita.com, Jakarta. Jika pada umumnya ikan selalu membuang racun atau bakteri yang ada di dalam tubuhnya, maka ikan buntal malah menyimpannya di limpa, tempat telur dan juga di empedu. Sehingga ada beberapa bagian tubuh dari ikan buntal mengandung racun dan sangat kuat. Racun yang berada di dalam tubuh ikan buntal ialah racun tetrodotoxin yang sangat kuat, bahkan hingga kini masih belum ada penawar racun tersebut.

Orang yang terkontaminasi racun ikan buntal akan muntah, mencret, serta mengalami disfungsi otot napas. Bahkan saking kuatnya racun ikan yang bisa menggelembung tersebut, racunnya bisa mengalahkan sianida hingga 20 kali sianida. Untuk pengaruh racunnya sendiri menyasar pada organ pernapasan yang terganggu. Sehingga orang yang terkena racunnya akan mengalami gagal napas dan gagal jantung karena selain otot pernapasan juga otot jantung ikut terserang racunnya.

Fugu atau babi sungai adalah kata dalam bahasa Jepang untuk ikan buntal atau ikan landak. Fugu dapat sangat beracun karena mengandung tetradotoxin. Karena itu harus hati-hati penyediaannya untuk menghilangkan bagian yang beracun agar tidak mengkontaminasi daging.

Baca Juga: Foto Profil Biodata Gracia Indri & David Noah Pisah Ranjang di Instagram

Persiapan memasak sendiri di rumah biasanya akan mengakibatkan kematian. Fugu mengandung jumlah mematikan racun tetrodotoxin pada organnya, terutama pada hati, ovarium dan kulit. Racun Fugu merupakan penghalang aliran sodium, melumpuhkan otot sementara korbannya dalam keadaan sadar. Korban tidak dapat bernapas dan akhirnya meninggal dari asphyxiation. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply