Ciri Tanda Cara Membedakan Vaksin Asli Atau Palsu

0
C CumaBerita.com, Jakarta. Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan aktif terhadap suatu penyakit sehingga dapat mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi oleh organisme alami atau liar. Vaksin dapat berupa galur virus atau bakteri yang telah dilemahkan sehingga tidak menimbulkan penyakit.

Vaksin akan mempersiapkan sistem kekebalan manusia atau hewan untuk bertahan terhadap serangan patogen tertentu, terutama bakteri, virus, atau toksin. Pemberian vaksin diberikan untuk merangsang sistem imunologi tubuh untuk membentuk antibodi spesifik sehingga dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin. Pasca terbongkarnya sindikat pembuat vaksin palsu kini masyarakat hendaknya berhati-hati dalam meilih vaksin.

Agar bisa mencegah penggunaan vaksin palsu ada beberapa cara membedakan vaksin palsu dan vaksin asli dilihat dari kemasannya.  Vaksin palsu memiliki cairan yang bening, sementara vaksin yang asli agak keruh. Vaksin palsu ada bekas congkelan yang ternyata adalah bekas suntikan dari jarum. Sementara pada vaksin asli tidak ada. Barcode vaksin palsu lebih hitam, kalau vaksin asli buatan pabrik dan vaksin palsu pasti beda.

Baca Juga: Hasil Klasemen Sementara MotoGP Belanda 2016

Meski barcode ini agak sulit dibedakan oleh pengguna awam, tapi biasanya barcode dari vaksin yang palsu lebih hitam ketimbang yang asli. Dengan adanya perbedaan vaksin asli dan vaksin palsu ini, harapannya agar masyarakat dan petugas kesehatan bisa lebih teliti dalam memilih produk vaksin yang akan digunakan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply