Amal Ibadah Yang Utama Dilakukan Saat Memasuki Bulan Sya’ban

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Sya’ban adalah satu bulan sebelum Ramadhan. Terdapat hadits bahwa Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam memperbanyak puasa di bulan Sya’ban, bahkan termasuk puasa sunnah terbanyak yang beliau lakukan dibandingkan bulan-bulan lainnya. Hikmah memperbanyak puasa di bulan Sya’ban adalah karena pada bulan itu amal terangkat dan lebih baik jika amal tersebut terangkat dan kita dalam keadaan berpuasa.

Hikmahnya juga adalah dalam rangka persiapan puasa sebulan penuh pada bulan Ramadhan, yaitu bulan setelah Sya’ban. Mempersiapkan diri sudah terbiasa puasa sebulan sebelumnya. Memasuki bulan Sya’ban pada saat ini ada amal ibadah yang utama dan dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam kepada umat Islam. Di beberapa hadist shahih, disebutkan bahwa beliau banyak melakukan puasa pada bulan tersebut. Bulan Sya’ban adalah bulan dalam kalender Islam atau kalender Hijriyah yang datang sebelum bulan Ramadhan.

Pada bulan ini amal-amal ibadah akan diangkat kepada Allah Rabb semesta alam. Sehingga akan sangat baik jika saat amal ibadah diangkat itu kaum muslim dalam keadaan berpuasa. Hikmah lain adalah membiasakan tubuh untuk memasuki bulan Ramadhan saat sebulan penuh umat Muslim harus berpuasa.

Baca Juga: Foto Profil Bambang Gentolet Sesepuh Srimulat Meninggal Dunia

Jadi bulan Sya’ban bisa sering puasa sehingga sistem pencernaan tak kaget jika sudah masuk bulan Ramadhan nanti. Adapun waktu yang dianjurkan untuk melakukan puasa Sya’ban adalah di pertengahan bulan yakni tanggal 13, 14, dan 15 atau puasa Ayyamul bidh. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply