Jaga Tubuh Tetap Langsing Selama Liburan dengan Tips Berikut

0

Musim liburan biasanya menjadi momen yang paling ditunggu oleh para pekerja dan pelajar. Musim liburan juga menjadi saat untuk merencanakan jalan-jalan dan bertemu teman lama. Namun musim liburan juga memiliki dampat negatif karena menjadi saat dimana berat badan kita biasanya naik. Aktivitas liburan yang tidak terkontrol biasanya menjadi faktor utama kenaikan berat badan. Nah agar kamu tetap langsing selama liburan, sebaiknya tetap menjaga pola makan dan melakukan beberapa tips berikut ini.

Melakukan Olahraga Ringan di Pagi Hari

Langkah awal yang perlu kamu terapkan selama liburan adalah olahraga ringan setiap pagi. Bagi para pelajar atau pekerja pastinya waktu pagi tidak pernah cukup untuk berolahraga. Oleh sebab itu, waktu liburan adalah saatnya kamu melakukan olahraga pagi. Olahraga yang dilakukan tidak perlu olahraga berat, kamu bisa mencoba olahraga seperti bersepeda, jogging atau senam yoga yang lebih menyenangkan.

Menyiapkan Jadwal Menu Diet

Mulailah dengan berbelanja ke supermarket atau tempat pembelanjaan terdekat. Kemudian buatlah daftar belanjaan yang kamu perlukan untuk membuat menu diet kamu. Selain mengurangi lemak, kamu bisa memilih berbagai bahan makanan sesuai seleramu sendiri. Agar tidak membosankan, cobalah memasak sendiri menu diet kamu. Selain dapat mengontrol penggunaan gula dan garam, kamu juga bisa melatih kemampuan memasak kamu. Jangan lupa buat cemilan sehat dari buah atau sayur untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Hindari Konsumsi Junk Food

Jika berat badan mu ingin tetap stabil selama liburan, sebaiknya hindari konsumsi junk food. Makanan siap saji ini memang enak namun juga sangat berbahaya. Nah, untuk menghindari berbagai makanan junk food saat liburan, cobalah konsumsi buah dan sayur lebih banyak. Selain mengenyangkan, buah juga bisa dijadikan cemilan yang sehat.

Tetap Memenuhi Kebutuhan Air Putih

Biasanya ketika liburan, nafsu makan akan bertambah tinggi dan menyebabkan kita mengkonsumsi lebih banyak makanan. Agar terhindar dari makan secara kalap, kamu bisa mengakalinya dengan minum air putih 20-30 menit sebelum makan. Hal ini disebabkan karena mencukupi kebutuhan air tubuh dapat membantu tubuh untuk membakar lemak lebih efisien. Untuk hasil optimal, para ahli merekomendasikan minum air putih setidaknya 1,5 liter per hari.

Membesihkan Tempat Tidur

Masa liburan seringkali kita manfaatkan untuk bermalas-malasan di dalam kamar tidur. Padahal kesempatan ini sangat cocok untuk dijadikan kegiatan pengganti olahraga. Selain kebersihan tempat tidur tetap terjaga, aktifitas ini juga sangat berguna untuk memangkas lemak dalam tubuh. Jadi rutinitas seperti ini juga sangat bermanfaat untuk dilakukan saat liburan.

Meluangkan Waktu untuk Hobi

Waktu liburan paling tepat untuk meluangkan hobi kita. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika kamu ingin melakukan hobi kamu selama liburan apalagi jika hobi yang kamu geluti adalah hobi yang mengeluarkan keringat seperti berenang, bersepeda, hiking, dan bermain bola. Hobi seperti ini bisa menjadi pilihan untuk berolahraga ringan dibanding olahraga di gym pada umumnya.

Itulah beberapa tips agar tetap langsing selama liburan. Buatlah liburan kamu menjadi momen yang tepat untuk memulai hidup lebih sehat, kesempatan banyak waktu bisa di manfaatkan untuk menjalani kebiasaan sehat. Jadi kalau sekarang belum sempat olahraga karena sibuk, sekarang waktunya kembali aktif berolahraga dengan waktu yang lebih luang. Semangat liburan, tetap langsing dan sehat.

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply