Begini Proses Menua yang Sesungguhnya, Tak Sesimpel di FaceApp

0
B CumaBerita.com, Jakarta. Saat ini aplikasi Faceapp untuk bikin wajah tampak tua tengah viral belakangan ini. Orang-orang tak sedang menggunakannya, meski wajahnya tampak jauh lebih renta dari umur sebenarnya. Kondisi saat wajah dan tubuh menua dengan cepat bisa terjadi pada seseorang yang mengidap sindrom werner. Sindrom werner atau sering disebut progeria, ditandai dengan proses penuaan cepat yang tidak umum pada remaja bahkan anak-anak. Anak-anak dengan sindrom progeria dilahirkan dalam kondisi normal. Kemudian, setelah usia satu tahun mulai muncul kelainan-kelainan seperti menua dengan cepat. Penyakit ini tidak bisa disembuhkan.

1. Rupesh Kumar
Rupesh adalah seorang anak pengidap sindrom progeria. Di kampungnya, India, kondisi ini tak lazim. Pertumbuhannya terhenti, Kepalanya membesar dibarengi dengan kerontokan rambut dan pelemahan gigi. Di usia 21 tahun, penampilannya terlihat sudah sangat renta. Bobotnya tak lebih dari 19 kg, bahkan orang tua rupesh pernah ditawari untuk menjualnya kepada rombongan sirkus.

2. Tiffany Wedekind
Wanita yang delapan kali lebih tua dari usianya ini didiagnosis progeria. Hal ini karena ibunya membawa gen langka yang menyebabkan ia dan kakaknya mengalami kondisi fisik penuaan dini. Tiffany mengalami komplikasi seperti kerusakan gigi, rambut rontok, dan penyakit jantung. Di usianya yang ke 41 tahun bobotnya hanya 26 kilogram.

3. Nihal Bitla
Bitla mengidap progeria yang dipicu karena adanya kecacatan genetik. Bobotnya hanya 12,5 kilogram dengan tinggi 1,2 meter. Kulitnya keriput, tangannya kurus rapuh dan kulit kepala botak. Bitla enggan sekolah karena sering diejek temannya bahwa ia mirip Auro, tokoh dalam film yang juga mengidap progeria. Bahkan ia ditakut-takuti akan meninggal karena serangan jantung seperti Auro.

Aplikasi FaceApp yang tengah ngehits memang bisa mengubah wajahmu terlihat tua. Tapi faktanya, proses penuaan tidak sesimpel itu. Menjadi tua bukan cuma soal keriput dan wajah kusam. Proses penuaan terjadi karena dua faktor. Pertama, faktor dari dalam yang terjadi secara alamiah. Awalnya kita mulai kelihatan menua di umur 30, muncul keriput di wajah dan kalau kita senyum ada garis-garis halus di sekitar mata, terus kulit juga mulai kusam sedikit.

Baca Juga: Kenali Bahaya Belajar di Bawah Tekanan, Hari Anak Nasional

Penuaan yang sebenarnya terjadi di usia 50 tahun. Saat keriput dan flek hitam pada wajah akan terlihat jelas. Prediksi penuaan seperti di aplikasi FaceApp kurang akurat. Dalam kenyataan, menua bukan cuma soal kusam dan keriput. Beberapa faktor dari luar yang mempercepat penuaan antara lain pola makan yang tidak sehat, kurang tidur, dan sering dekat dengan asap rokok. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply