BEARCOFEST 2019 Digelar 25 Agustus, Buat Pecinta BMX!

0
B CumaBerita.com, Jakarta. Selain adanya poin yang akan diakui secara nasional untuk lomba BMX Race, kejutan spesial juga akan didapat oleh pemenang lomba Local Heroes, yakni akan memperoleh Golden Ticket untuk maju ke ajang bergengsi IOXC (Indonesian Open X-treme Championship).

BEARCOFEST 2019 segera digelar Minggu 25 Agustus 2019 mendatang di Jakarta International BMX Track Pulomas, Jakarta. Ajang lomba sepeda BMX ini kembali hadir lebih spesial, yakni pemenang lomba BMX Race akan mendapat poin yang diakui secara nasional. Acara yang diinisiasi oleh komunitas BMX Belticx Kemayoran, Jakarta tersebut turut menggandeng beberapa organisasi seperti Asosiasi BMX Indonesia (ABI), Pushbike Jakarta (PJB) dan Akademi Sepeda Santoso. Dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora), Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) DKI Jakarta, serta Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) juga membuat acara lebih profesional menyiapkan atlet-atlet BMX baru.

BEARCOFEST hadir sebagai acara untuk memperingati ulang tahun komunitas BMX Belticx di bulan Agustus. Terdapat empat kategori lomba, yaitu Pushback Race, BMX Race, BMX Oldschool Showbike Contest, dan BMX Local Heroes dengan beberapa subkategori. Tak ketinggalan kategori BMX Oldschool Showbike Contest yang menampilkan sepeda BMX dari era awal kemunculan BMX.

Bukan hanya diminati orang dewasa, perlombaan ini juga diikuti oleh anak-anak dari usia 2 tahun. Selain ajang lomba terdapat pula aneka bazar dan hiburan. BMX merupakan singkatan dari Bicycle Moto Cross. Nama ini diambil lantaran motocross sedang sangat populer di Amerika Serikat pada akhir dekade 1960an.

Saat itu, anak-anak dan remaja sangat terinspirasi dengan motocross dan meniru aksi pembalap motocross dengan membangun sendiri trek dari tanah dan berdandan dengan perlengkapan motocross. Itulah awal mula nama dan konsep BMX. Popularitas BMX kemudian melebar ke Eropa di akhir dekade 1970 dan pada April 1981 berdiri Federasi BMX Internasional, yang disusul dengan kejuaraan dunia yang pertama setahun berikutnya.

Baca Juga: Tarif Baru Ojol Berlaku di RI Mulai September 2019

BMX terus berkembang dari tahun ke tahun sehingga pada akhirnya kompetisi ini memiliki regulasi yang lebih mirip dengan balap sepeda daripada motocross. Karena itu, sejak Januari 1993 BMX melebur ke dalam UCI. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply