Peregangan Sederhana yang Bisa Dilakukan saat Bekerja

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Peregangan sederhana yang dapat dilakukan tanpa perlu meninggalkan kursi dan meja di kantor saat sedang bekerja. Peregangan ini hanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit saja. Bekerja di kantor memaksa kita untuk duduk dalam waktu yang lama. Duduk dalam waktu yang lama berbahaya untuk kesehatan. Mulai dari kesehatan punggung, jantung hingga mampu meningkatkan risiko obesitas dan diabetes. Untuk mencegahnya, Anda disarankan untuk sering melakukan peregangan. Peregangan punya banyak manfaat untuk tubuh.

1. Peregangan bahu
Letakkan salah satu tangan di sekitar dada, lalu gunakan tangan yang lain untuk memegang bagian siku dan tarik ke arah kepala. Lakukan ini selama lima detik dan ulangi untuk bagian lengan yang lain. Ulangi lima kali pada setiap lengan. Peregangan ini bermanfaat untuk meregangkan otot di antara tulang belikat yang menempel pada bagian atas leher yang tegang akibat terlalu lama melihat layar.

2. Peregangan leher
Regangkan leher dengan gerakan memutar ke arah bahu kanan selama 10 detik. Ulangi selama lima kali. Lakukan dengan arah sebaliknya. Peregangan ini bermanfaat mengurangi ketegangan dan nyeri leher karena membungkuk dan melihat layar.

3. Mengangkat bahu
Angkat bahu hingga telinga bagian bawah. Tahan beberapa detik lalu lepaskan. Ulangi 10 kali. Mengangkat bahu dapat mengurangi ketegangan dan memobilisasi bilah bahu dan punggung atas.

4. Tulang belakang
Berdirilah dan satukan jari-jari di punggung. Tarik lengan ke belakang menjauhi tubuh. Lakukan lima kali. Gerakan ini sekaligus dapat meregangkan otot-otot di bagian dada. Peregangan ini juga mengurangi rasa sakit di punggung bagian atas.

5. Rotasi
Duduk di kursi, lalu letakkan siku di bagian depan sehingga lengan membentuk posisi bujur sangkar terhadap tubuh. Posisi ini dikenal juga dengan cossack. Selanjutnya, putar badan dari kiri ke kanan 10 kali.

6. Roll down
Pertama, berdiri dari meja kerja Anda dan pastikan memiliki ruang yang cukup untuk membungkuk agar kepala tak terbentur. Buka kaki selebar pinggul dan goyangkan ke belakang ke depan. Lalu, tekuk lutut sedikit dengan posisi badan tetap tegak.

Baca Juga: Awas! Waspada Penyakit saat Cuaca Dingin

Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan. Letakkan dagu ke dada, dan perlahan-lahan anggukkan kepala dan turun ke lantai. Turun sejauh mungkin dengan nyaman sambil menjaga leher dan bahu tetap rileks. Tunggu sebentar dan nikmati peregangan yang terjadi sambil terus bernapas. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply