Cara Menjaga Pikiran Positif Menghadapi ‘Drama’ Senin Pagi

0
C CumaBerita.com, Jakarta. Beberapa orang merasa cemas, putus asa, sedih, stres, dan kehilangan motivasi ketika memasuki awal minggu kerja. Bagi mereka, Senin merupakan hari yang paling menyebalkan sepanjang minggu. Jika kamu merasakan hal yang sama, bisa jadi kamu mengalami sindrom Monday Blues.

Banyak orang yang seringkali mengabaikan Monday Blues karena merasa hal ini lazim terjadi. Tapi ternyata, ini merupakan pernyataan serius. Bisa jadi ada sesuatu yang tidak beres di tempat kerja sehingga kamu tidak bahagia dan bersemangat memulai Senin pagi. Jika kamu merasa kurang dihargai atau tidak puas dengan pekerjaan kamu, akan sangat sulit untuk memulai minggu kerja lain yang tampaknya tak ada habisnya. Monday blues dapat berdampak negatif pada kinerja dan produktivitas. Terlebih, Monday Blues dapat menular, sehingga berdampak ke lingkungan kerja secara keseluruhan. Berikut beberapa cara untuk mengatasi Monday Blues.

Identifikasi masalahnya
Bertanya pada diri sendiri apa penyebabnya dan mencari solusi. Jika perasaan ini muncul hampir setiap minggu, ini pertanda penting kamu tidak bahagia dengan pekerjaanmu. Kamu harus memperbaikinya atau pindah dan mencari pekerjaan lain. Tapi jika perasaan ini hanya muncul beberapa kali, kamu bisa melakukan hal yang menghibur untuk melewati Senin yang suram.

Bersiap untuk hari Senin di hari Jumat
Senin dapat membuat stres karena pekerjaan yang menumpuk dari minggu sebelumnya. Oleh karena itu, jika memiliki tugas tidak menyenangkan yang menunggu perhatian pada Senin pagi selesaikan secepat mungkin di minggu sebelumnya.

Tetap positif dan buat daftar hal-hal yang bikin bersemangat
Untuk memulai Senin pagi, buatlah daftar hal yang kamu nantikan di tempat kerja minggu itu. Ini dapat menempatkan kamu dalam suasana hati yang lebih positif.

Istirahat dari pekerjaan saat akhir pekan
Jika memungkinkan, cobalah untuk menghindari memeriksa email atau pesan kantor selama akhir pekan. Hari Senin terasa sangat menyebalkan karena kamu membiarkan urusan kantor masuk dalam waktu libur. Hal ini membuatmu merasa seperti tidak memiliki akhir pekan sama sekali.

Baca Juga: Sering Telat Ngantor? Ini Hal-Hal Sederhana Yang Perlu di Ubah

Bersenang-senanglah di tempat kerja
Lakukan hal-hal yang kamu nikmati di kantor pada hari Senin seperti berbagi cerita tentang akhir pekan dengan kolega, menjadwalkan makan siang bersama, dan rencanakan kegiatan yang kamu tunggu-tunggu pada hari Senin. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply