Arti Psikologis di Balik Kemeja Putih Para Calon Menteri Jokowi

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Sejak Senin 21 Oktober 2019, Presiden Jokowi memanggil sejumlah tokoh, baik dari kalangan profesional maupun politikus ke Istana Merdeka, Jakarta. Mereka yang dipanggil antara lain, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, eks CEO Gojek Nadiem Makarim.

Kementerian Sekretariat Negara menyiapkan 34 kemeja putih baru untuk para menteri yang dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kemeja-kemeja untuk menteri Kabinet Kerja Jilid II ini sudah disiapkan. Jokowi dibantu Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) dalam proses pemanggilan para calon menteri periode kedua. Sementara ketika bertemu para calon menteri, Jokowi mewawancarai sendiri. Hari ini, Jokowi kembali memanggil sejumlah pihak. Mereka yang sudah datang antara lain mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani, politikus NasDem Syahrul Yasin Limpo, politikus Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita, politikus PDIP Juliari P Batubara, dan mantan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Calon-calon menteri yang datang ke istana kompak mengenakan kemeja putih. Apakah ada makna psikologis di balik pilihan warna tersebut? Psikolog politik dan pakar personal branding, Dewi Haroen, mengatakan bahwa warna memang bisa mempengaruhi mood atau perasaan hati seseorang. Sehingga, hal ini dapat memunculkan makna tertentu. Menurut Dewi, poses warna memunculkan makna tertentu yaitu dari fisiologis tangkapan indera yang kemudian berlanjut ke sensasi rasa di memori manusia.

Hasilnya, warna tertentu bisa memberikan kesan tertentu pula. Orang selama ini merasa warna putih adalah sesuatu yang sakral, mulia, dan bersih. Sehingga tidak heran jika banyak digunakan dalam kegiatan yang serius, termasuk juga pemanggilan para calon menteri.

Baju putih yang dikenakan para calon menteri dapat memberi kesan wibawa dan siap kembali bekerja dengan hati yang ikhlas dan semangat baru. Tidak hanya itu, warna putih juga dapat memberi makna persamaan dan persatuan.

Baca Juga: Nadiem Makarim Santer Calon Kuat Menteri Pendidikan

Maknanya, semua menteri seragam meski berbeda kompetensi, usia, dan latar belakang. Warna putih juga memiliki beberapa makna positif. Seperti kebersihan, kesegaran, kesederhanaan, dan awal yang baru. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply