Keren, Angkringan Asli Yogyakarta Mangkal di Jepang

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Sebuah tenda angkringan berdiri tegak di salah satu kawasan komersial di Jepang, Ikebukuro, Tokyo. Tenda ini dibangun di salah satu trotoar, sangat menarik perhatian.

Bayangkan saja kota yang sangat rapi dengan nuansa metropolis, tiba-tiba berdiri tempat makan angkringan sederhana. Terpal untuk menutupi gerobak rupanya dicetak khusus, yaitu bergambar suasana khas Yogyakarta. Angkringan sampai ke Jepang ini rupanya bagian dari proyek seni. Konsepnya dikembangkan oleh Jun Kitazawa, bertajuk “ NOWHERE OASIS”. Jun Kitazawa bekerja sama dengan banyak pihak untuk bisa memboyong gerobak angkringan ke Jepang. Instalasi seni tersebut bisa terwujud berkat kerja sama dengan Yayasan Biennale Yogyakarta, The Japan Foundation Asia Center, Art Merdeka, Angkringan 45 Bayat, Taman Budaya Yogyakarta, dan Festival/Tokyo. Lanskap yang terlahir dari proyek di Tokyo akan dibawa kembali ke Yogyakarta.

Angkringan-angkringan di berbagai lokasi di Yogyakarta akan mengadopsi berbagai memori dari Tokyo, sebagai upaya untuk menghadirkan rasa asing pada kehidupan sehari-hari di Yogyakarta. Acara ini berlangsung 1 November hingga 10 November 2019. Bukan hanya gerobak, di dalamnya juga tersaji makanan khas angkringan yang tentu saja membuat banyak orang Jepang penasaran.

Melalui laman facebooknya, Jun Kitazawa membagikan momen gerobak angkringan yang mangkal di beberapa sudut kota di Tokyo, Jepang. Jun Kitazawa merupakan seniman asal Jepang yang kini tinggal di Yogyakarta. Jun Kitazawa bekerja sama dengan komunitas orang Indonesia yang tinggal di Jepang membuat sebuah proyek yang dinamakan NOWHERE OASIS yang berlangsung selama 1 – 10 November 2019.

Dalam proyek tersebut Jun Kitazawa memamerkan art atau seni melalui gerobak angkringan khas Yogyakarta. Beberapa gerobak angkringan tersebut dapat ditemui di sepanjang jalan Ikebukuro, Tokyo. Dengan lokasi utamanya yang berada di depan Plaza Teater Tokyo Metropolitan. Namun, Jun Kitazawa mengatakan bahwa gerobak-gerobak angkringan tersebut juga berpindah ke beberapa lokasi di sekitar Stasiun Ikebukuro.

Baca Juga: Septic Tank Meledak di Cakung, 1 Korban Tewas

Proyek ini tidak hanya menampilkan gerobak angkringannya saja, melainkan lengkap dengan makanan dan minuman seperti layaknya angkringan Yogyakarta. Karena itu masyarakat di Jepang juga dapat membeli dan menikmati hidangan khas angkringan Yogyakarta di gerobaknya langsung. Uniknya lagi penjual angkringan tersebut bisa berbahasa Jawa. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply