Suka Ayam Goreng? Coba 5 Restoran Ayam di Jogja Ini!

0
S CumaBerita.com, Jakarta. Jika kamu melancong dan bingung mau makan apa, ayam goreng biasanya menjadi pilihan mudah. Selain enak, ayam goreng mudah ditemukan dan harganya relatif murah. Jogja mungkin terkenal dengan beragam kuliner khas, tetapi ayam goreng tetap menjadi menu favorit masyarakat dan pelancong. Beberapa restoran ayam goreng di Jogja bukan hanya enak, tetapi sudah mencapai status legendaris. Jangan lupa kunjungi lima restoran ayam goreng ini ketika kamu berburu penginapan murah di Jogja!

1. Ayam Goreng Bu Tini
Ayam Goreng Bu Tini menyajikan ayam goreng baceman bercita rasa gurih dan agak manis. Paduan ayam dengan nasi dan sambal merah matang membuat selera makan meningkat. Ayam goreng di restoran Bu Tini menggunakan ayam kampung, sehingga dagingnya lebih gurih dan bertekstur lebih “mantap.”

Restoran Ayam Goreng Bu Tini berada di Jalan Sultan Agung, daerah Pakualaman. Bangunannya terletak di dekat bekas Bioskop Permata. Interiornya sederhana dan kasual, cocok untuk membawa keluarga.

2. Ayam Goreng Mbok Sabar
Jika kamu menginap di area Malioboro dan sekitarnya, jangan lupa berkunjung ke restoran Ayam Goreng Mbok Sabar. Restoran utamanya masih berdesain sederhana, persis penampilannya saat buka pada tahun 1970-an. Sebelum digoreng, ayamnya diungkep dengan air kelapa, sehingga rasanya lebih condong ke gurih ketimbang manis.

Ayam di restoran ini menggunakan ayam kampung. Kamu bisa memesan potongan individual, separuh ayam, atau ayam utuh. Ayam Goreng Mbok Sabar berlokasi di Jalan Jagalan, dekat dengan Hotel Putera Sabar di sekitar Malioboro. Cabangnya berlokasi di Jalan Magelang, tidak jauh dari Terminal Jombor.

3. Ayam Goreng Mbok Berek
Restoran Ayam Goreng Mbok Berek sebenarnya pertama kali buka di Jakarta pada tahun 1969. Akan tetapi, resepnya berasal dari bumbu ayam goreng buatan Nini Ronodikromo, nenek buyut sang pendiri restoran, yang berasal dari Yogyakarta. Ciri khasnya adalah ayam kampung goreng empuk dengan taburan “kremes.”

Kamu bisa menemukan restoran Mbok Berek di beberapa area di Kabupaten Sleman, seperti Jalan Magelang, Jalan Solo, serta Jalan Solo-Jogja. Bagian dalam restorannya memiliki desain khas Jawa, dengan suasana yang cocok untuk makan bersama keluarga.

4. Ayam Goreng Suharti
Kalau kamu pergi ke Jogja, kamu akan menemukan dua nama “Suharti” di beberapa restoran yang menjual ayam goreng. Hal ini terjadi setelah Nyonya Suharti bercerai dengan suaminya dan menggunakan nama “Suharti” untuk menjual ayam gorengnya sendiri. Logo “Suharti” memajang foto Nyonya Suharti, sedangkan “Nyonya Suharti” memajang ilustrasi ayam.

Restoran Suharti (tanpa “Nyonya”) menjual ayam goreng tradisional yang empuk dengan kremes. Kamu bisa menemukannya di jalan Laksda Adisutjipto, sekitar 10 menit berkendara dari bandara.

5. Ayam Goreng Tojoyo
Restoran Ayam Goreng Tojoyo cocok untuk penggemar ayam dan jeroan goreng. Selain ayam kampung goreng, kamu bisa memilih jeroan ayam dan sapi goreng, seperti babat, hati, usus, paru, dan limpa. Ayam dan jeroannya diungkep selama dua jam dengan bumbu tradisional. Hasilnya adalah permukaan kekuningan dengan daging empuk yang bumbunya meresap.
Ayam Goreng Tojoyo berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo. Bangunannya dekat dengan Bioskop Empire XXI.

Baca Juga: Mengenal Reini Wirahadikusumah, Rektor Perempuan Pertama ITB

Jangan lupa memilih akomodasi yang dekat dengan restoran ayam goreng incaranmu saat booking hotel. Unduh aplikasi Airy Rooms untuk menemukan akomodasi murah berfasilitas standar lengkap, seperti AC, pancuran air panas, Wi-Fi, dan air mineral. Airy syariah adalah solusi terbaik untuk menemukan penginapan yang dijamin kenyamanannya dan dekat dengan tempat terkenal seperti restoran ayam goreng legendaris. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply