Keuntungan dan Cara Kerja Payment Gateway Indonesia

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Hadirnya teknologi payment gateway dengan berbagai keuntungan bagi penjual dan pembeli secara cepat telah mengubah model bisnis ke arah transaksi online. Mekanisme yang dijalankan yang serba otomatis memudahkan pihak yang bertransaksi dalam melakukan transaksi online.

Dengan kemudahan yang ditawarkan tersebut, masyarakat yang berminat makin bertambah dan menjadikan payment gateway sebagai cara lazim dalam bertransaksi pada masa depan. Teknologi telah mengubah gaya hidup dan model bisnis dalam satu dekade terakhir ini. Transaksi jual beli melalui toko, ruko, atau mal dirasa sudah kurang praktis lagi. Bahkan, kecenderungan saat ini orang ke mal hanya untuk menghabiskan akhir pekan atau sekadar cuci mata. Sementara untuk transaksi barang, mereka sudah mulai melirik layanan online. Payment gateway Indonesia bergerak pada bidang spesialisasi pembayaran. Payment gateway biasanya menyediakan cara pembayaran yang lebih aman dalam melakukan transaksi, meskipun ketika Anda harus melakukan transaksi itu sendiri. Pilihan digital payment gateway bagi masyarakat Indonesia kini bertambah satu dengan kehadiran NICEPAY. NICEPAY, layanan payment gateway asal Korea yang melenggang April silam, adalah salah satu pemain baru yang meramaikan industri fintech di Indonesia. Target pasar yang coba dibidik selain pemain e-commerce besar yakni para pelaku UKM yang kebanyakan masih berjualan melalui media sosial.

Jual beli online (ecommerce) disukai karena kemudahan yang diberikan dalam membandingkan banyak produk dan pilihan produk yang sangat banyak. Bahkan, beberapa produk yang dijual secara online sulit dijumpai di mal atau tempat belanja lain. Perubahan pola bisnis ini telah membuka peluang bagi banyak orang untuk menjalankan bisnis secara online. Ada banyak model bisnis online yang bisa dilakukan. Mulai dari membuka toko online sendiri atau sekadar menjadi perantara (broker), reseller, sampai drophshipper. Jika Anda memutuskan untuk membuka toko online sendiri, satu hal yang harus dipikirkan, selain variasi produk, adalah kemudahan dalam proses pembayaran. Teknologi yang ada saat ini menawarkan sistem pembayaran canggih dengan nama payment gateway.

Payment Indonesia merupakan sistem transaksi online yang mengotorisasi proses pembayaran, baik yang menggunakan kartu kredit, transfer bank, atau pembayaran langsung lainnya, seperti direct debit (BCA KlikPay, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, dan e-Pay BRI) dan e-wallet (TCASH dan XL Tunai). Sistem enkripsi data nomor kartu kredit ataupun kartu debit yang dilakukan payment processor menjamin bahwa transaksi Anda aman dan nyaman untuk dilakukan. Ada banyak keuntungan menggunakan layanan payment gateway, baik bagi penjual maupun pembeli.

Keuntungan bagi Pembeli, pelanggan langsung bisa transaksi tanpa perlu membuka website penjual dan website pihak ketiga untuk melakukan transaksi. Mudah dan aman dalam berbelanja secara online. Keuntungan bagi Penjual, lebih cepat dan mudah memeriksa pembayaran dengan kartu kredit ataupun debit. Payment gateway melindungi data kartu kredit dengan teknologi enkripsi data dan informasi saat pelanggan melakukan transaksi.

Toko online tidak perlu lagi menyediakan banyak rekening dari berbagai bank karena payment gateway bisa menerima dana transfer dari berbagai rekening bank dan menyalurkannya ke satu rekening milik toko online. Cepat dan aman untuk transaksi massal karena payment gateway dapat memproses ratusan hingga ribuan transaksi dalam waktu yang sangat singkat.

Baca Juga: Dapatkan Keuntungan Memiliki Asuransi Kecelakaan Diri

Aman bagi pengguna kartu kredit karena payment gateway memiliki teknologi fraud detection yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kecurangan pembayaran di toko online. Berbagai keuntungan di atas akan membuat transaksi online menjadi semakin dominan pada masa yang akan datang. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply