Jenis Minuman Penurun Kolesterol Dengan Cepat

0
J CumaBerita.com, Jakarta. Dengan pola hidup saat ini dengan mengesampingkan jenis makanan yang di konsumsi membuat banyak orang kelebihan kolesterol. Seiring dengan gaya hidup orang-orang masa kini juga, kolesterol tinggi tidak hanya mengincar orang tua saja, faktanya anak-anak pun bisa mempunyai kolesterol tinggi.

Hal ini dikarenakan asupan makanan yang tidak terjaga. Terutama makanan yang berlemak. Semakin banyak makan berlemak yang masuk dalam tubuh, maka penumpukan lemak akan semakin memperbesar kadar kolesterol dalam tubuh. Contoh makanan berlemak adalah gorengan, daging kambing, susu, dan masih banyak lagi.Kolesterol terbentuk di dalam hati dan memiliki fungsi penting untuk tubuh. Semua orang memiliki kolesterol dalam tubuhnya. Ada dua jenis kolesterol yang terdapat dalam tubuh kita. Pertama adalah kolesterol LDL. Jenis kolesterol inilah yang berbahaya bagi tubuh. Sedangkan kolesterol HDL merupakan kolesterol yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg saja. Jadi jangan buru-buru berpikir negatif soal kolesterol. Yang berbahaya adalah jika kolesterol dalam darah ternyata jauh lebih tinggi. Kadar kolestrol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit dan juga menyumbat aliran darah.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi. Ketika kadar kolesterol LDL tinggi, maka akan menimbulkan penyumbatan aliran darah. Tentu saja timbunan lemak jahat itu akan mengganggu suplai makan menuju jantung. Hal ini akan memicu penyakit jantung dan stroke. Kadar kolesterol tinggi seringkali dikaitkan pada mereka yang bertubuh besar atau obesitas, namun nyatanya orang kurus pun dapat mempunyai kolesterol tinggi jika asupan makanan yang masuk dalam tubuh tidak dijaga.

Oleh sebab itu penting untuk mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi. Kadar kolesterol tubuh harus tetap dijaga keseimbangannya demi memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit berbahaya. Salah satu solusi untuk menjaga kolesterol ketika sudah telanjur kebanyakan makan daging adalah dengan mengonsumsi minuman penurun kolesterol. Setidaknya ada tiga jenis minuman yang diyakini bisa bantu meredakan kolesterol. Berikut beberapa jenis minuman penurun kolesterol.

Teh Hijau
Teh hijau diyakini bisa bantu menurunkan kadar kolesterol, khususnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu peminum teh hijau juga memiliki risiko lebih kecil terkena penyakit jantung dan kanker. Kandungan katekin dalam teh hijau juga berfungsi untuk menangkap radikal bebas sehingga sangat baik untuk dan bisa bantu menghambat perkembangan sel-sel kanker.

Jus Anggur
Minuman segar yang satu ini juga diyakini bisa bantu turunkan kadar kolesterol. Jus anggur memiliki kandungan nutrisi yang bisa menurunkan kolesterol jahat dan menjaga kadar kolesterol sehat tetap seimbang dalam darah. Untuk wanita, disarankan minum sekitar 177-470 cc jus anggur setiap harinya untuk mendapatkan manfaat terbaiknya. Tapi jus yang diminum jangan ditambah gula atau pemanis lainnya. Di samping bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, jus anggur juga memiliki kandungan antioksidan dan serat yang baik untuk tubuh.

Yogurt
Disarankan untuk mengonsumsi yogurt dengan kandungan probiotik sebanyak 200 mg per hari. Bakteri Lactobacillus dalam yogurt bisa memengaruhi kadar kolesterol dengan memecah molekul garam empedu. Jadi kalau kamu telanjur kebanyakan konsumsi daging, imbangi dengan minum yogurt yang cukup.

Baca Juga: Video 3 Siswi SMA Buka Bra Saat Live IG

Itu tadi tiga jenis minuman yang diyakini bisa bantu menurunkan kadar kolesterol. Tapi tetap penting untuk menjaga pola makan yang sehat, terlebih kalau kamu punya penyakit bawaan yang berbahaya. Konsumsi daging boleh tapi jangan sampai kebablasan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply