Lakukan Hal Ini Biar Kuat Hadapi Resesi, Nggak Perlu Panik!

0
L CumaBerita.com, Jakarta. Sebelumnya pada kuartal 2, ekonomi minus 5,32%. Seiring dengan upaya pemerintah tersebut, ada baiknya masyarakat mulai melakukan beberapa hal ini buat jaga-jaga jika resesi menjadi kenyataan. Pemerintah berusaha keras agar ekonomi Indonesia tidak minus lagi pada kuartal 3. Sebab, jika dua kuartal berturut-turut ekonomi minus, Indonesia masuk jurang resesi.

Apa saja yang mesti dilakukan?

1. Mulai kencangkan ikat pinggang
Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mengatakan masyarakat yang mengalami penurunan pendapatan selama pandemi harus berhemat untuk menyiapkan dana darurat paling tidak untuk 3 bulan selama resesi.

2. Alokasikan dana darurat
Agar bisa bertahan saat resesi masyarakat harus bisa membuat pertahanan finansialnya masing-masing. Menurut, Perencana Keuangan sekaligus pendiri dari Mitra Rencana Edukasi, yang dimaksud ketahanan finansial adalah kemampuan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari meski tanpa adanya pemasukan atau penghasilan sama sekali. Ketahanan finansial yang baik dibarengi dengan cadangan dana yang mumpuni pula. Setidaknya, kata Mike, masyarakat harus punya cadangan dana yang mampu menyokong kehidupan minimal 3-6 bulan ke depan.

3. Simpan duit di instrumen yang mudah Dicairkan
Cadangan dana yang harus dimiliki pun harus mudah dicairkan dan disimpan dalam instrumen yang tidak fluktuatif. Lebih baik lagi, bila dana yang kita simpan dalam periode tertentu bisa bertambah nilainya seperti deposito. Untuk menyimpan dana cadangan sebaiknya dibagi-bagi ke beberapa instrumen tertentu bisa sebagian ditaruh di bank, deposito atau bisa juga di reksa dana pasar uang (RDPU).

4. Bagi duit cadangan ke instrumen berbeda-beda
Namun, bila dana pas-pasan, cukup meletakkan dana cadangan tadi ke satu instrumen saja. Bila punya kelebihan dana, bisa dibagi-bagi ke beberapa instrumen, masing-masing sebesar 1/3 total dana yang disimpan menjadi dana cadangan.

5. Mulai cari penghasilan Tambahan
Untuk para korban PHK yang baru mau memulai mengumpulkan dana darurat, hal pertama yang harus dilakukan segera tentunya berhemat atau memotong pengeluaran. Lalu, setelah itu menambah sumber penghasilan.

Baca Juga: Ini Alasan BMKG Mengapa Kerap Turun Hujan Saat Kemarau

Kiat menghemat ini, alangkah baiknya mulai diterapkan juga bagi mereka yang masih memiliki sumber penghasilan. Lalu, selain itu, penting juga untuk menambah sumber penghasilan baik yang jadi korban PHK maupun yang masih bekerja atau punya usaha. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply