Mengenal Jenis Tanaman Hias yang Tidak Perlu Sinar Matahari

0
M CumaBerita.com, Jakarta. Meskipun ada tanaman yang mampu hidup tanpa bantuan matahari, namun secara kodratnya mereka tetap harus mendapat pencahayaan walau sedikit, redup, atau minim. Pasalnya tidak ada tanaman yang bisa hidup tanpa sinar matahari selamanya. Kalau memang ada, dipastikan hanya bertahan hidup dalam waktu singkat. Tanaman hias umumnya membutuhkan cahaya matahari untuk fotosintesis, yaitu proses untuk memproduksi makanannya sendiri. Namun, ada juga tanaman hias yang tidak perlu sinar matahari tapi masih bisa bertahan hidup untuk tetap tumbuh. Berikut ini jenis tanaman hias yang tetap tumbuh baik meski dengan sinar matahari yang sedikit, sehingga cocok diletakkan di dalam ruangan.

Bromelia (Bromeliaceae)
Bromelia adalah tanaman tropis dengan 1800 spesies. Dari sekian banyak spesiesnya, hanya beberapa saja yang dapat dijadikan tanaman hias. Seluruh famili Bromeliaceae umumnya dapat hidup di berbagai iklim dan karakternya tidak suka sinar matahari langsung yang berpotensi merusak daun. Namun, sinar matahari yang tidak sama sekali juga membuatnya menjadi kusam serta layu. Untuk itu tetap berikan pencahayaan dengan intensitas redup sekitar 30 persen.

Spider Plant (Chlorophytum comosum)
Spider plant yang bentuknya menyerupai kaki laba-laba merupakan tanaman hias yang tidak perlu sinar matahari terlalu banyak. Tanaman laba-laba ini hanya perlu pencahayaan minim dan hindari terpapar sinar matahari secara langsung yang dapat menghambat pertumbuhannya. Selain itu, spider plant lebih suka kondisi tanah yang agak kering, sehingga tidak perlu sering disiram dan lakukan secukupnya.

Chinese Evergreen (Aglaonema)
Chinese evergreen alias aglaonema termasuk tanaman hias yang cocok untuk indoor dan pertumbuhannya cukup baik meskipun dalam kondisi ruangan redup. Secara perawatan, aglaonema ini terbilang mudah serta banyak direkomendasikan untuk pemula yang ingin memiliki tanaman hias.

Peace Lily (Spathiphyullum)
Memiliki nama latin Spathiphyllum sp, tanaman peace lily banyak diburu untuk hiasan karena bunga putihnya yang besar dan indah.Karakter tanaman peace lily sangat menyukai kondisi lembap serta mampu bertahan hidup dengan pencahayaan minim dibanding tanaman tropis lainnya.

Baca Juga: Awas! Kenali Beda Gejala Covid dan TBC, Punya Kemiripan

Philodendron (Philodendron hederaceum)
Ciri dari philodendron hederaceum yaitu berdaun mengilap dan berbentuk hati (heartleaf). Jenis philodendron ini tergolong sebagai tanaman kuat yang dapat tahan dalam berbagai kondisi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply