Kebiasaan Yang Mempercepat Penuaan, Buruk Untuk Kesehatan

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Kondisi kulit yang muda, sehat, dan terawat, secara tidak langsung membuat penampilan terlihat lebih segar. Tidak mengherankan jika banyak orang, terutama wanita, mendambakan kondisi kulit yang awet muda dan terhindar dari penuaan dini.

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa proses penuaan dini pada kulit tidak terjadi secara tiba-tiba. Penuaan dini pada kulit terjadi sebagai hasil dari kesalahan pola hidup dan kebiasaan tidak sehat yang secara tidak sadar sering dilakukan. Untuk menghindari penuaan dini, sebaiknya Anda hindari kebiasaan berikut ini. Hindari sejumlah kebiasaan yang mempercepat penuaan. Kebiasaan sehari-hari ini sering kali dilakukan tanpa disadari dampaknya untuk kesehatan. Kebiasaan-kebiasaan ini dapat membuat Anda menua lebih cepat dari pada seharusnya. Ganti kebiasaan ini dengan pola hidup sehat agar awet muda.

Berikut kebiasaan yang mempercepat penuaan.

Makan makanan manis
Kebiasaan yang mempercepat penuaan adalah konsumsi makanan manis. Konsumsi makanan dengan gula tambahan tak baik untuk tubuh. Studi menunjukkan makan makanan dengan kadar gula tinggu dapat mengikat asam amino sehingga menyebabkan kerusakan pada sel dan organ tubuh.

Kurang tidur
Kurang tidur atau hobi begadang buruk untuk otak dan kulit. Studi menunjukkan perempuan yang tidur nyenyak memiliki skin barrier 30 persen yang lebih baik dibandingkan yang kurang tidur. Kurang tidur juga mengganggu kestabilan hormon yang dapat merusak organ sehingga menua lebih cepat.

Merokok
Rokok mengandung racun yang merusak kulit, jaringan, dan organ di dalam tubuh. Menghirup asap rokok dapat menyebabkan gangguan pembuluh darah dan mencegah oksigen masuk ke dalam tubuh. Kondisi ini dapat memicu peradangan.

Terpapar sinar matahari
Kebiasaan yang mempercepat penuaan berikutnya adalah terlalu lama terpapar sinar matahari. Paparan sinar matahari berupa sinar UVA dan UVB dapat merusak pigmen kulit dan juga memicu kanker. Kulit bisa rusak sehingga muncul tanda-tanda penuaan dini.

Baca Juga: Daftar Pekerjaan Menjanjikan Yang Bisa Dipelajari Secara Otodidak

Stres
Kelola stres Anda dengan baik. Stres dapat menyebabkan pertumbuhan hormon yang merusak tubuh. Hormon stres memicu peradangan yang lama kelamaan dapat menyebabkan kerusakan organ dan memicu timbulnya penyakit. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply