Terapkan Kebiasaan Sederhana Ini Untuk Tubuh yang Lebih Sehat

0
T CumaBerita.com, Jakarta. Resolusi kesehatan tak kalah penting, mungkin masih banyak yang kurang memikirkan kesehatan maupun mengubah kebiasaan sehari-hari menjadi sebuah resolusi. Padahal, dengan berubahnya kebiasaan sehari-hari dapat menunjang kegiatan lain agar dapat dilakukan dengan maksimal. Memasuki tahun baru biasanya kita menyiapkan diri dengan membuat resolusi. Resolusi ini bisa menjadi daftar tujuan apa saja yang kita ingin kita capai di tahun baru tersebut. Biasanya mulai dari pencapaian pekerjaan, menurunkan berat badan, naiknya pendapatan, jumlah tabungan, hubungan hingga tempat-tempat yang ingin dikunjungi.

Mari kita challenge diri kita dengan beberapa kebiasaan sehat berikut ini.

Minum Air Putih 2-3 Liter per Hari
Ada hitungan tersendiri terkait jumlah air putih yang dibutuhkan oleh tubuh berdasarkan berat badan. Semakin banyak aktivitas maka semakin banyak air yang harus diminum. Waktu yang tepat untuk minum air putih adalah setelah bangun tidur, sebelum dan sesudah makan, sebelum dan setelah berolahraga, sore hari, dan sebelum tidur.

Durasi Tidur 7-8 Jam
Tidur yang cukup akan membuat tubuh lebih segar dan bugar sehingga bisa lebih produktif. Tidur yang cukup juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena saat tidur tubuh akan melepaskan senyawa bernama sitoksin yang berfungsi membentuk kekebalan tubuh. Jika terjaga hingga larut malam, tubuh akan menurunkan hormon yang menciptakan rasa lapar.

Makan Lebih Banyak Sayur
Sudah bukan rahasia lagi bahwa sayur memiliki manfaat yang sangat bagus bagi tubuh. Bahkan sayur tertentu secara spesifik dapat menyehatkan anggota tubuh tertentu. Berbagai macam manfaat sayur yang sangat baik untuk tubuh.

Makan Makanan Mengandung Protein
Manfaat yang bisa didapatkan dari protein di antaranya adalah sebagai sumber energi, membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh serta meningkatkan antibodi.

Jalan 5 Ribu Langkah per Hari
Berjalan kaki memiliki segudang manfaat, salah satunya mampu meningkatkan kinerja dan menyehatkan jantung. Tidak harus terlalu jauh, bisa dimulai dengan kebiasaan sederhana seperti memarkirkan kendaraan sedikit lebih jauh agar kita punya kesempatan berjalan kaki lebih jauh.

Baca Juga: Tips Melihat Isi Pesan WhatsApp Yang Telah Dihapus Pasangan

Olahraga Minimal 1 Kali per Minggu
Meluangkan waktu untuk berolahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Faktanya, kita menganggap bahwa dengan segudang aktivitas yang dijalani setiap hari akan cukup menggantikan peran olahraga untuk tubuh. Namun, ternyata hal tersebut belum cukup. Oleh karena itu, mulai sekarang biasakan untuk menyempatkan berolahraga minimal 1 kali per minggu. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply