Definisi Pengertian Apa Itu LGBT Logo Warna Pelangi

0
D CumaBerita.com, Jakarta. Bagi kaum gay bendera pelangi sudah menjadi lambang dan ciri khas mereka di seluruh dunia yang awalnya hanya digunakan di salah satu wilayah di AS. Kini bendera warna-warni ini sudah resmi menjadi bendera kaum LGBT (Lesbian Gay Biseksual Transeksual) dan ternyata sudah digunakan sejak tahun 1970an. Warna bendera ini mencerminkan keragaman dalam komunitas LGBT.

Bendera Pelangi yang pertama dibuat dengan tangan (pencelupan warna) oleh Gilbert Baker. Bendera itu pertama kali dikibarkan dalam parade gay San Francisco pada 25 Juni 1978. Gilbert terinspirasi oleh lagu Judy Garland (ikon gay) berjudul Over The Rainbow. Bendera Pelangi kaum LGBT punya 8 warna dan masing-masing punya arti.

Diantaranya adalah pink = seksualitas, merah = kehidupan, oranye = penyembuhan, kuning = sinar mentari, hijau = alam, turqoise = sulap/seni, biru = harmoni dan ungu = semangat. Bendera Pelangi sering digunakan dalam setiap parade gay di seluruh dunia. Berawal pada bulan Juni 2004, bendera pelangi menjadi bendera kebangsaan.

Baca Juga: Foto Profil Biodata Yanto Basna Mitra Kukar Pemain Terbaik Piala Jenderal Sudirman 2016

Sekelompok aktivis LGBT berlayar ke Kepulauan Laut Koral di Australia yang memang tak berpenghuni. Bendera gay ini lalu dikibarkan untuk memproklamasikan Kerajaan Gay dan Lesbian dari Kepulauan Laut Koral ini. Bendera yang memiliki enam warna tersebut yang dikenal dengan Rainbow Flag atau Bendera Pelangi saat ini juga mengembang di internet. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply