Foto Profil Ernesto Valverde Resmi Jadi Pelatih Baru Barcelona

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Terjawab sudah spekulasi siapa yang akan menjadi pelatih Barcelona. Barcelona akhirnya benar-benar mengumumkan Ernesto Valverde sebagai pengganti Luis Enrique, Senin waktu setempat. Ernesto Valverde, mantan pelatih Athletic Bilbao itu dikontrak selama dua tahun.

Ernesto Valverde adalah mantan pemain Barcelona pada 1988-1990. Ernesto Valverde bermain di bawah arahan Johan Cruyff dan ikut memenangi Piala Winners UEFA (1989) dan Copa del Rey (1990). Kala itu Ernesto Valverde tampil 22 kali dan mencetak 8 gol. Sebagai pemain, Barcelona adalah klub ketiganya setelah Alaves, Sestao, dan Espanyol.

Setelah hangkang dari Barca Ernesto Valverde menghabiskan waktunya sebagai pemain Athletic Bilbao selama 5 tahun lalu memperkuat Mallorca setahun dan akhirnya pensiun. Ernesto Valverde, penyerang ini hanya pernah sekali memperkuat timnas Spanyol. Sebagai pelatih Ernesto Valverde memulai dari Athleltic Bilbao dan sebelum berlabuh di Barcelona juga bertugas di sana.

Antara tugas pertama dan terakhirnya di Bilbao, Ernesto Valverde sempat mengembara ke klub-klub Espanyol, Olympiacos (2 kali), Villarreal, dan Valencia. Prestasi terbaik Ernesto Valverde sebagai pelatih adalah memberi 5 gelar juara untuk Olympiacos, termasuk tiga gelar Liga Yunani.

Baca Juga: Polisi Resmi Tetapkan Rizieq Shihab Tersangka Kasus Chat Whatsapp

Ernesto Valverde juga membawa Espanyol menjadi runner-up Piala UEFA 2007. Bersama Bilbao Ernesto Valverde menjuarai Piala Super Spanyol 2015 dengan mengalahkan Barcelona 5-1. Ernesto Valverde juga mampu membawa Athletic lolos ke kompetisi Eropa pada lima dari enam tahunnya bersama klub, yang hanya mengandalkan pemain-pemain asal Basque. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply