Foto Profil Ricko Andrean Bobotoh Pelindung Jakmania Meninggal

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Tidak hanya rivalitas antara Bobotoh dan Jakmania yang kebablasan, tapi juga rivalitas suporter di Indonesia secara keseluruhan. Berdasarkan data Save Our Soccer (SOS), ada 54 suporter sepak bola yang meninggal di Indonesia mulai dari 1995 sampai dengan 2016. Data itu menunjukkan bahwa rivalitas suporter di Indonesia sudah kebablasan. Masalah rivalitas suporter di Indonesia hingga kini masih menjadi pekerjaan besar, tidak hanya menjadi tugas PSSI.

Tetapi juga pemerintah dan semua stakeholder. Jangan sampai daftar suporter yang meninggal karena kekerasan di luar lapangan bertambah. Kabar duka kembali menyelimuti sepak bola Indonesia. Ricko Andrean, Bobotoh yang jadi korban pengeroyokan sejumlah oknum sesama Bobotoh meninggal dunia. Ricko mengembuskan napas terakhir pada pukul 10.00 WIB di Rumah Sakit Santo Yusup.

Ricko merupakan korban salah sasaran amuk Bobotoh setelah ia dikira The Jakmania. Ia ikut dikeroyok karena diduga ingin melerai aksi kekerasan para Bobotoh tersebut. Seperti diterangkan Ketua Umum The Jakmania, Ricko diduga berusaha melindungi salah satu Jakmania, Boboy Ilham Hafifi yang dikeroyok Bobotoh di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Boboy nekat datang ke GBLA untuk menyaksikan laga antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta. Laga berkesudahan dengan hasil imbang 1-1. Padahal, pihak keamanan sudah mengingatkan agar The Jakmania jangan datang ke Bandung pada laga itu.

Baca Juga: Alasan Kemenag DIY 8 Sekolah di Yogya Tolak Imunisasi MR

Pengurus The Jakmania pun memutuskan agar para anggotanya tidak datang. Dibutuhkan formulasi yang tepat untuk mengatur suporter sepak bola di Indonesia, terutama di tataran akar rumput. Pasalnya, jika melongok ke hubungan pejabat tinggi Jakmania dan Viking Persib Club, mereka justru memiliki hubungan yang cukup harmonis. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply