Malaysia Juara Umum Indonesia Nomor Lima Klasemen Akhir SEA Games 2017

0
M CumaBerita.com, Jakarta. Ambisi Malaysia untuk menjadi juara umum dalam perolehan medali emas di SEA Games 2017 akhirnya tercapai juga. Klasemen akhir SEA Games 2017 pada Rabu 30 Agustus 2017 memastikan tuan rumah Malaysia menjadi juara umum. Mengoleksi 145 medali emas, Malaysia tidak bisa dikejar oleh siapapun.

Termasuk Thailand sang runner-up yang tertinggal sangat jauh. Sementara itu, Indonesia memang sudah mematenkan posisi sejak awal, yaitu peringkat kelima dengan total 38 medali emas. Dengan demikian, ini menjadi kali kedua bagi negara tersebut ada di posisi teratas. Mengulang kesuksesan yang terjadi di SEA Games XXI (2001). Selain itu, Malaysia juga menghentikan kekuatan Thailand yang dalam dua edisi terakhir SEA Games selalu jadi juara umum.

Malaysia sendiri total memiliki 145 medali emas, 92 medali perak, dan 86 medali perunggu. Dari jumlah emas saja, mereka memperoleh dua kali lipat dibandingkan yang dimiliki oleh Thailand sang runner-up, yang hanya mengoleksi 72 emas.

Cabang balap sepeda menjadi penyumbang terbesar bagi Malaysia, dengan 26 medali. Sedangkan Indonesia di hari terakhir penyelenggaraan SEA Games 2017 hanya bisa menambah satu perak dan satu perunggu. Total emas tidak berubah di angka 38, ditambah dengan 63 perak dan 90 perunggu.

Baca Juga: Video Panas Millendaru Hisap Terong Begini Ungkapan Sedih Ashanty

Penyumbang medali terbanyak datang dari cabang renang dengan 25 medali (4 emas, 11 perak, dan 10 perunggu). Disusul oleh pencak silat, atletik, dan ski air yang sama-sama memberikan 15 medali. Sementara, jika dilihat dari emasnya saja, cabang yang menyetorkan medali terbanyak adalah atletik (5 emas), disusul oleh renang dan panahan (sama-sama 4 emas). (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply