Indonesia Resmi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Indonesia resmi ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Kepastian Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 setelah FIFA selaku otoritas sepak bola tertinggi di dunia melakukan general meeting di Shanghai, China, Kamis 24 Oktober 2019.

Dalam bidding tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, Indonesia berhasil menyisihkan Brasil dan Peru yang juga mengajukan diri. Di sela-sela pertemuan umum FIFA itu, dilakukan presentasi akhir dari proses bidding Piala Dunia U-20 2021. Sebagai tuan rumah, timnas Indonesia dipastikan sudah mengisi satu dari lima slot jatah wakil Asia di ajang tersebut. Sebelum diumumkan, FIFA telah terlebih dahulu melakukan inspeksi ke Indonesia. Otoritas sepak bola tertinggi di dunia itu melakukan sejumlah stadion yang diajukan Indonesia sebagai tempat bertanding Piala Dunia U-20 2021. Keputusan ini dikeluarkan FIFA dalam Council Meeting di Shanghai. Rapat tersebut dipimpin Presiden FIFA Gianni Infantino. Selain membahas sejumlah agenda FIFA yang dihelat dalam dua tahun ke depan, FIFA juga mengumumkan negara yang jadi tuan rumah FIFA U-17, U-20, dan juga Piala Dunia Sepakbola Pantai.

FIFA juga menentukan siapa yang jadi tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2021 serta membahas penjadwalan Piala Dunia 2022. Beberapa stadion di Indonesia yang memenuhi standar itu antara lain Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Patriot, Pakansari, Gelora Bandung Lautan Api, Si Jalak Harupat, dan Wibawa Mukti. PSSI selaku induk sepak bola di Tanah Air, memiliki alasan yang kuat untuk menjadi penyelenggara Piala Dunia U-20 2021. Event tersebut bisa menjadi tolak ukur apakah PSSI bisa mewujudkan target yang sudah dicanangkan. Secara garis besar, PSSI memiliki lima stepping stone yang terbagi dalam tiga fase. Lima stepping stone itu adalah tahun 2018, 2020, 2024, 2034 dan 2045 serta tiga fase tersebut adalah pengembangan, performa dan kemenangan.

Fase pengembangan sudah dilakukan dengan adanya peluncuran Filanesia alias filosofi sepak bola Indonesia. Selain itu, ada reformasi sistem kepelatihan, perwasitan dan peningkatan pembinaan serta profesionalitas kompetisi pemain dalam seluruh jenjang usia.

Baca Juga: Sosok Wina Natalia, Mantan Istri Menpar Wishnutama

Fase performa meliputi kegemilangan partisipasi pada Piala Dunia U-20 dan keikutsertaan pada Olimpiade 2024. Kemudian, fase kemenangan adalah target untuk tampil pada Piala Dunia 2034 dan PSSI bisa bercokol dalam 10 besar federasi sepak bola dunia. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply