Kobe Bryant Meninggal di Helikopter Teraman Kedua Dunia

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Kobe Bryant adalah definisi atlet yang meraih banyak sukses karena kerja keras yang dijalani. Lewat mentalitas Mamba Hitam, Kobe menjelma menjadi salah satu pebasket NBA terhebat sepanjang sejarah.

Namun kini semuanya tinggal kenangan. Mantan pemain Los Angles Lakers Kobe Bryant (41) dan putrinya Gianna (13) meninggal dalam kecelakaan helikopter. Helikopter Sikorsky S-76B itu diklaim sebagai yang teraman kedua dunia lantaran minimnya catatan kecelakaan. Helikopter itu jatuh di sebuah bukit dekat dengan Kota Calabasas, California, Minggu 26 Januari 2020. Air Traffic Control (ATC) sempat mengingatkan pilot yang membawa helikopter tersebut bahwa tengah terbang terlalu rendah di bawah ‘Visual Flight Rules’ (VFR). Namun pilot disebut tidak menanggapi peringatan tersebut. Helikopter dilaporkan terbakar di udara hingga jatuh. Ada enam penumpang lain dan satu pilot selain Kobe dan putrinya di dalam helikopter tersebut. Semuanya penumpang tewas.

Kepolisian Los Angeles (LAPD) menyebut kondisi cuaca tidak memenuhi standar untuk penerbangan saat kecelakaan helikopter yang membuat Kobe Bryant meninggal dunia. Helikopter Sikorsky S-76B dengan nomor ekor N72EX ini yang ditumpangi oleh Kobe merupakan helikopter sewaan. Kobe menyewa pesawat buatan 1991 ini dari Island Express Holding Corp. Sikorsky S-76 merupakan helikopter teraman kedua setelah Airbus130.

Ratu Elizabeth II pernah terbang menumpang Sikorsky S-76 karena kemananan dan kenyamanannya. Tercatat dari 915.515 jam terbang sepanjang tahun 2006-2016, Sikorsky S-76 hanya dua kali mengalami kecelakaan. Sementara Airbus 130 hanya sekali kecelakaan dari 1.053.786 jam penerbangan. Catatan kecelakaan Sikorsky bertambah dua kasus pada 2017. Helikopter buatan anak perusahaan Lockheed Martin mengalami kecelakaan pertama terjadi pada 16 Juli 2002 di dekat pertambangan gas Global Santa Fe Monarch.

Empat orang meninggal dalam kecelakaan itu. Penyebab kecelakaan akibat kerusakan rotor utama. Lima gelar cincin NBA, dua kali MVP Final, dan satu kali MVP NBA, adalah sedikit dari segudang prestasi yang diraih Kobe di dunia bola basket. Kobe Bryant, bersama Michael Jordan, sering dianggap sebagai pemain NBA terbaik sepanjang sejarah.

Baca Juga: Daftar Pemenang Grammy Awards 2020

Kobe Bryant merupakan salah satu atlet yang terlahir bukan dengan bakat alami. Atlet yang meninggal di usia 41 itu harus bekerja keras untuk bisa menjadi salah satu atlet yang dihormati di dunia. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply