Kronologi Tim Bulu Tangkis Indonesia Dipaksa Mundur dari Turnamen All England

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Kabar mengejutkan datang dari para pebulu tangkis Indonesia yang dipaksa mundur dari turnamen bergengsi All England 2021. Seluruh tim Indonesia, termasuk pelatih dan ofisial, dipaksa mundur dari All England 2021. Hal ini dikarenakan saat penerbangan dari Istanbul ke Birmingham pada Sabtu 13 Maret 2021, terdapat salah satu penumpang pesawat yang dinyatakan positif Covid-19.

Sesuai dengan regulasi Pemerintah Inggris, jika berada pada satu pesawat yang sama dengan orang yang positif Covid-19, penumpang lain diharuskan menjalani isolasi selama 10 hari. Tim Indonesia terpaksa mundur dan menjalani isolasi sampai tanggal 23 Maret 2021 di Crowne Plaza Birmingham City Centre. Adapun sejumlah pemain Indonesia sebenarnya telah memastikan lolos ke babak 16 besar. Mereka adalah Jonatan Christie, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Seharusnya masih ada tiga wakil yang akan bertanding pada jadwal All England hari ini.Ketiga wakil Indonesia itu yakni Anthony Sinisuka Ginting, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Akan tetapi, temuan kasus Covid-19 pada penumpang pesawat yang ditumpangi tim Indonesia membuat semua pemain Merah Putih harus mundur dari All England 2021. Media asing juga menyoroti didepaknya tim bulutangkis Indonesia dari All England 2021 akibat aturan karantina ketat virus Corona (COVID-19) yang diberlakukan otoritas Inggris. Seperti dilansir AFP, kantor berita asal Prancis ini mengulas didepaknya tim bulutangkis RI dalam artikel berjudul “Indonesia anger over All England badminton withdrawal”. Diulas oleh AFP bahwa tim bulutangkis RI yang dipaksa mundur dari All England memicu reaksi keras dari publik Indonesia.

Tim bulutangkis RI tak bisa melanjutkan kiprahnya di All England 2021 setelah Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) bersama tuan rumah Inggris memutuskan untuk mengisolasi seluruh tim RI karena dinilai melakukan kontak langsung dengan penumpang positif Corona dalam penerbangan dari Istanbul, Turki ke Birmingham, Inggris. Tidak dijelaskan secara rinci siapa penumpang yang positif Corona tersebut. Situasi ini pun menyulut sejumlah pihak karena kasus ini membuat Indonesia rugi.

Baca Juga: Penyebab Transmisi Mobil Matik Tak Bisa Pindah Gigi

Reuters dalam laporannya juga mengulas didepaknya tim bulutangkis RI dari All England dalam artikel berjudul “Badminton: Indonesia urges probe into All England exclusion”. Media Inggris, BBC, juga menyoroti isu yang sama dalam artikelnya berjudul “All England Open: Indonesia squad withdraw from competition”. BBC dalam laporannya menyebut tim bulutangkis RI ‘terpaksa mundur’ dari All England. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply