Timnas Indonesia Peringkat FIFA Melonjak Lebih Baik Daripada Thailand

0
T CumaBerita.com, Jakarta. Peringkat Dunia FIFA adalah sistem peringkat untuk tim nasional sepak bola pria. Peringkat ini disusun sesuai hasil-hasil pertandingan. Sistem nilai digunakan, dan peringkat ditentukan dengan hasil pertandingan 4 tahun terakhir. Sistem ini terakhir diubah setelah Piala Dunia FIFA 2006, dengan edisi pertama diterbitkan pada 12 Juli 2006. Perubahan paling mencolok adalah peringkat sekarang diberikan sesuai hasil pertandingan dalam 4 tahun terakhir dan bukan 8 tahun.

Hal ini dilakukan setelah lontaran kritik bahwa peringkat tidak mencerminkan kekuatan tim nasional saat ini. Beberapa sistem lain telah dibuat, misalnya World Football Elo Ratings, berdasarkan Elo rating system yang digunakan dalam catur. UFWC (Unofficial Football World Championships) mengurutkan tim sesuai dengan berapa kali kesebelasan tersebut telah mempertahankan Unofficial Football World Championship.

Setiap tahun FIFA memberikan penghargaan kepada tim nasional sepak bola sebuah negara berdasarkan penampilan dan peringkat yang didapatkan pada tahun itu. Jakarta – Timnas Indonesia mengalami kenaikan drastis di peringkat FIFA per 22 Desember 2016.

Baca Juga: Jembatan Cisomang Cipularang Tol Purbaleunyi Bergeser 53 Cm Mobil Besar Dilarang Lewat

Skuat Garuda bahkan menjadi yang terbaik di antara kontestan Piala AFF lainnya, termasuk sang juara Thailand. Keberhasilan Skuat Garuda melejit sampai final memang patut diapresiasi. Usai sanksi FIFA, sebuah prestasi tersendiri menjadi runner-up ajang sepak bola akbar se-ASEAN tersebut. Terlebih, ajang Piala AFF mulai tahun ini sudah masuk agenda FIFA. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply