Alasan Mengapa Sesi Kualifikasi MotoGP 2017 Qatar Dibatalkan

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Hujan badai mengguyur kawasan sirkuit Sirkuit Internasional Losail pada Jumat 24 Maret 2017 malam waktu setempat dan berlanjut hingga Sabtu. Meskipun hujan sudah berhenti pada Sabtu malam, lintasan sirkuit Sirkuit Internasional Losail tak kunjung kering. Sesi latihan bebas keempat dan sesi kualifikasi MotoGP Qatar pada hari Sabtu 25 Maret 2017 batal digelar.

Karena lintasan Sirkuit Internasional Losail yang basah terguyur hujan. Masalah utama di lintasan ini adalah tidak adanya drainase (saluran air) karena memang tidak menduga akan terjadi hujan di Qatar (saat Grand Prix). Saat tes pramusim Moto2 dan Moto3 (sepekan sebelum GP Qatar) dengan kondisi seperti ini, area run-off di tikungan 8 jadi seperti danau (ada genangan air). Di lintasan juga terdapat beberapa genangan air yang bisa membahayakan para pebalap saat melintas di atasnya dengan kecepatan tinggi.

Masalahnya adalah tanpa adanya drainase air akan muncul dari bawah tanah. Beberapa kru sudah menghilangkan air dengan pompa, tetapi tidak menyangka 10 menit kemudian air muncul lagi. Jadwal sesi sempat ditunda beberapa kali untuk memberi waktu bagi panitia menghilangkan genangan air.

Baca Juga: Spesifikasi Xiaomi Redmi 4A Terjual 250 Ribu Dalam 4 Menit

Namun, setelah beberapa kali mencoba dan gagal, semua sesi pada Sabtu dibatalkan. Capirossi menyebut area pengereman di tikungan 1, tikungan 4, serta tikungan 3 dan 10 sebagai bagian yang kondisinya paling buruk. Balapan MotoGP Qatar rencananya tetap akan digelar malam hari pada Minggu mulai pukul 21.00 waktu setempat (Senin 01.00 WIB). (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply