Penampakan Ambulans Roda Dua Siap Amankan Arus Mudik 2017

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Menjelang lebaran 2017 pemerintah melalui Direktorat Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan akan menyiapkan fasilitas ambulans sepeda motor. Ambulans sepeda motor untuk mengantisipasi penanganan kesehatan pemudik yang membutuhkan pertolongan di tengah arus mudik maupun arus balik.

Fungsi utama ambulans roda dua untuk memberikan bantuan gawat darurat dengan penanganan di tempat kejadian. Ambulans roda dua adalah sepeda motor modifikasi sehingga memiliki lampu rotari dan sirine disertai boks berisi peralatan kesehatan untuk darurat seperti alat tensi tekanan darah, stetoskop, termometer, alat immobilisasi, obat-obatan, oksigen mini, dan alat infus.

Beberapa unit ambulans roda dua yang sudah disediakan difokuskan di pusat konsentrasi kepadatan jalur mudik seperti di Brebes sebanyak 45 unit, Pemalang 8 unit, Tegal 17 unit, Batang 22 unit, dan beberapa di tempat lainnya. Ambulans sepeda motor juga terintegrasi dengan layanan kesehatan gawat darurat 119 yang bisa dihubungi selama 24 jam pada musim mudik Lebaran.

Penggunaan ambulans roda dua untuk menangani keluhan kesehatan masyarakat yang berada di titik kemacetan dan sulit diakses menggunakan ambulans roda empat. Sejumlah 109 buah Public Safety Center (PSC) disiapkan untuk melayani masyarakat yang akan pulang kampung pada libur hari raya.

Baca Juga: Ustaz Yusuf Mansur Dilaporkan Atas Dugaan Penipuan

PSC atau layanan 119 disiapkan untuk layanan konsultasi seperti pemberian tips saat merasakan gangguan kesehatan atau layanan kesehatan lain seperti penyediaan ambulans. Ketika masyarakat menghubungi 119, maka tenaga medis yang siap siaga di call center akan mencoba membantu masalah kesehatan si pemudik. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply