Tips Ganti Ukuran Pelek Ban Mobil Yang Aman

0
T CumaBerita.com, Jakarta. Media utama yang menjadi kontak antara mobil dan medan jalan adalah ban. Komponen ini terbuat dari karet yang dikonstruksikan sedemikian rupa dengan kawat baja dan partikel lainnya. Tugas utama ban adalah memberikan cengkeraman pada medan jalan agar tenaga yang dihasilkan oleh mesin dapat dialirkan dan mampu menggerakkan mobil.

Ban bekerja tidak sendirian, sebagai suatu sistem roda ia bekerja sama dengan pelek yakni dengan cara menjadi pembungkusnya. Mengganti ban dengan ukuran yang berbeda baik itu lebar ataupun tinggi hingga jenis ban merupakan hak pemilik mobil. Bergantung pada tujuan yang ingin dicapai, pemilik mobil berhak untuk mencari karakter ban yang sesuai dengan harapannya.

Pemilihan karakter ban sejatinya dilakukan oleh pabrikan mobil dengan memperhitungkan berbagai aspek, yakni efisiensi bahan bakar, karakter kendaraan, performa di berbagai medan, hingga biaya produksi kendaraan itu sendiri. Ketika ban berganti ukuran, pasti ada perubahan yang terjadi disertai aneka konsukuensinya. Semakin lebar telapaknya maka media yang bergesekkan dengan jalan akan semakin banyak.

Baca Juga: Video Trailer Sinopsis Film BoBoiBoy The Movie Terbaru 2015

Efeknya tentu ban akan memiliki traksi dan grip yang lebih baik, meski konsekuensinya adalah konsumsi BBM yang lebih boros. Ada beberapa merek ban dengan diameter pelek sama yang memiliki daya maksimum kecepatan yang berbedaProdusen ban dapat memilih sesuai kebutuhan seperti ban performa tinggi, tentu produsen ban akan mengunakan lebar maksimal yang diperbolehkan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply