Mobil Tenaga Surya Mahasiswa ITS di World Solar Challenge 2015 (WSC) Australia

0
Mobil listrik bertenaga surya karya terbaru mahasiswa ITS yang diberi nama Widya Wahana V (WW5), sebelumnya sedang menempuh ujicoba Tour de Java-Bali, 17-19 Agustus 2015 dengan rute Jakarta – Denpasar. Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) merancang dan membuat mobil tenaga surya untuk laga World Solar Challenge 2015 (WSC) di Australia.

Sebelumnya pada 2013 lalu tim dari ITS telah mengirim karya mereka ke laga yang sama, namun gagal menjadi jawara. Kini setelah lebih menyempurnakan kendaraan tersebut, mereka bertekad meraih gelar juara. WSC 2015 merupakan perlombaan mobil surya tingkat internasional, yang menempuh perjalanan sejauh 3.000 Km dari Darwin (Australia Utara) hingga Adelaide (Australia Selatan).

Tantangan dari peserta WSC 2015 adalah bagaimana mengelola tenaga surya pada mobil agar dapat menyelesaikan perjalanan dalam jangka waktu maksimal enam hari dengan perjalanan setiap hari maksimal 9 jam (08.00 – 17.00 waktu setempat). Hal ini juga ditambah dengan tantangan suhu Australia yang cukup ekstrem.

Baca Juga: Harga Spesifikasi VW Polo 1.2L TSI Terbaru Harga Sekitar Rp 252 Juta

Berkisar antara 20 – 30 derajat celcius. Tempat pemberhentian (pit stop) yang tidak menentu, keadaan jalanan yang penuh dengan road train menjadi tantangan lainnya. Keikutsertaan ITS Solar Car Racing Team pada World Solar Challenge yang kali kedua ini merupakan pembuktian bahwa mahasiswa Indonesia mampu bersaing dalam kompetisi global.

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply